Mitos atau Fakta, Mobil Ceper Nyaman Dipakai Harian?

 

Mitos atau Fakta, Mobil Ceper Nyaman Dipakai Harian- JAKARTA, Mobil ceper alias Lowered suspension car merupakan satu modifikasi umum yang cukup sering dijumpai dijalan. Bagi sebagian orang, tampilan ini dinilai unik dan cukup keren.

Selain dinilai memiliki tampilan menarik juga enak dilihat, beberapa orang juga menganggap mobil yang diceperkan setelah potong per atau ganti yang baru jauh lebih nyaman untuk dikendari harian dan bawa jemput sekolah.

” Banyak yang minta ceper karena coba coba dan ada juga yang suka¬† tinggi mobilnya akhirnya puas. Katanya sih lebih nyaman dikendari dan enak dibawa ”

Hal itu diiyakan oleh Subandrio, pengemudi ojek mobil langganan laksana per. Menurut pendapatnya, mobil Toyota Avanza tahun 2012 miliknya jauh lebih nyaman dikendarai setelah diceperkan.

” Enggak cuma menurut saya, pelanggan juga banyak yang bilang kalau mobil ceper lebih enak, selama jalanan rata.

Juni Siswanto, Technical leader Auto2000 Ahmad Yani, memberikan komentarnya terkait modifikasi mobil ceper. Dia mengakui jika hal ini memang luar biasa mobilnya.

” Nyaman dalam artian jauh lebih stabil, Karena ground clearance ke tanah lebih rendah, kemudi mobil memang terasa jauh lebih enak

 

Namun juni juga mewanti wanti soal banyaknya kekurangan dari modifikasi mobil ceper. Mulai dari faktor kondisi jalanan, potensi kerusakan, bahkan perawatan jangka panjang yang sangat sulit sekali.

” Kalau jalanan masih mulus dan rata, mungkin mobil terasa enak dikendari. Tapi kalau ketemu jalan rusak kita tidak bisa bawa dengan kencang dan itu akan mengakibatkan¬† rusaknya mesin mobil bawah.

Benturan yang terasa pasti jauh lebih kuat dan sangat membebani  fungsi shockbreaker. Penggunaan dalam jangka waktu harus bisa menjaga keadaan mobil khusus nya mobil ceper bisa mengakibatkan kerusakan besar.

Karena beberapa alasan tersebut, Juni sangat tidak menyarankan modifikasi mobil ceper. Kalaupun pengguna tetap ingin mencoba variasi ini, satu satunya opsi teraman adalah dengan menggunakan air suspension.

” Memang mahal pastinya, tapi kalau mobil ceper dan tetap aman sebaiknya pakai air suspension dan jangan potong per lagi di tegaskan agar nyaman di bawa nantinya.

 

Scroll to Top