Destinasi Air Terjun Di Jawa Tengah Yang Terkenal Dengan Keindahannya

Destinasi Air Terjun Di Jawa Tengah Yang Terkenal Dengan Keindahannya – Berkunjung ke Jawa Tengah tidak selamanya harus mengunjungi situs sejarah atau pantainnya yang indah. Karena Jika kamu ingin berwisata anti Mainstream dan menjelajahi panorama alam di Jawa Tengah yang terkenal sangat Asri.

Maka kamu dapat berkunjung untuk pergi mendatangi beberapa Air terjun yang terkenal dengan keindahannya, Karena terdapat beberapa air terjun di Jawa Tengah yang sering kali menjadi tujuna beberapa wisatawan yang menyukai destinasi alam seperti air terjun yang akan kita bahas kami ini.

Nah ingin tau apa saja air terjun yang terkenal indah yang ada di Jawa Tengah ? Berikut ini adalah rangkuman yang sudah di sediakan untuk kamu ketahui.

Curug Bengkawah Pemalang

Jika Kamu singgah di kota Pemalang, cobalah menemukan destinasi wisata curug Pemalang yang lokasinya di 35km sebelah selatan kota Pemalang, tepatnya ada di Desa Sekasur, Kecamatan Belik, Pemalang. Pesona indah air terjun Jawa Tengah yang satu ini bisa Kamu tempuh dengan motor dari jalur Pantura dengan waktu perjalanan sekitar 1 ½ jam dengan mengambil arah jurusan ke Randudongkol hingga tiba di terminal Randudongkol.

Dari terminal, Kamu bisa belok kanan kira-kira 100 meter dan disana ada gapura penunjuk jalan kearah curug Bengkawah dengan jarak kurang lebih 1 km. Selanjutnya perjalanan bisa Kamu tempuh dengan berjalan kaki. Sesampai di sana, Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam air terjun Jawa Tengah yang sangat eksotis layaknya air terjun Niagara mini, sehingga pengunjung yang datang ke sini dilarang keras untuk mandi di bawah air terjun tersebut.

Air terjun Gedad Playen

Satu lagi, air terjun Jawa Tengah yang cukup indah namun belum banyak diketahui oleh masyarakat luas adalah air terjun Gedad Playen. Berlokasi di dusun Gedad, desa Banyusoco, Kecamatan Playen ini, memiliki ketinggian 10-15 meter dengan dinding yang berpunuk dan cukup lebar. Air terjun yang penampakannya menyerupai Taman Sungai Mudal di Kulon Progo ini bisa Kamu jangkau dengan mengambil arah jalan Wonosari yang menuju ke air terjun Srigethuk. Daftar Club388 Sabung Ayam
Sesampai di pos pertigaan arah Srigethuk, Kamu bisa belok kiri dengan menempuh jarak 3km hingga tiba di perempatan balai desa Banyusoco. Dari sini, belok kiri sejauh 1km hingga Kamu menemukan papan penunjuk jalan mengarah ke air terjun Gedad. Ikuti jalur tersebut hingga akhirnya Kamu akan tiba di lokasi.

Air terjun Curug Sewu

Berlokasi di Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, air terjun di Jawa Tengah yang satu ini memiliki tiga tingkat yang masing-masing 15, 45 dan 20 meter. Di lain sisi, air terjun ini juga memiliki ragam fasilitas seperti gardu pandang, kebun binatang, kolam renang dan taman bermain. Untuk mengunjungi lokasi wisata ini, Kamu yang menggunakan kendaraan umum seperti halnya bus bisa mengambil jurusan Mangkang dari kota Semarang.
Sesampai di terminal Mangkang, naiklah bus jurusan Sukorejo yang akan melewati Kaliwungu, Waleri dan pastinya Sukorejo. Setiba di Sukorejo, Kamu bisa naik ojek untuk menuju ke Curug Sewu tersebut. Mudahnya akses menuju lokasi menjadikan banyak wisatawan yang singgah dan menghabiskan liburan di lokasi ini.

Air Terjun Songgolangit

Dengan ketinggian 80 meter dan lebar 2 meter, air terjun Songgolangit ini merupakan destinasi wisata yang bisa Kamu kunjungi di Desa Bucu, Kecamatan Kembang atau 30 km dari kota Jepara. Wisata air terjun di Jawa Tengah yang satu ini menyuguhkan pemandangan menakjubkan dengan keanekaragaman kupu-kupu yang bisa Kamu nikmati di sana. Untuk akses menuju lokasi, bisa Kamu tempuh dengan menggunakan angkutan umum.
Berangkat dari terminal bus Jepara, Kamu bisa naik bus jurusan Pati ataupun Bangsri dan turun di pertigaan yang mengarah ke desa Cepogo. Dari lokasi ini, Kamu bisa menyewa ojek yang akan mengantarkan ke lokasi wisata air terjun songgolangit.

Air Terjun Kedung Kayang

Berjalan – jalan ke Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, tidak akan berkesan jika Kamu tidak singgah di air terjun di Jawa Tengah yang dikenal dengan sebutan air terjun Kedung Kayang. Dengan berlatar keindahan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang menjulang tinggi ke angkasa, air terjun ini berada pada ketinggian kurang lebih 300 mdpl.

Sedangkan rute untuk mencapai lokasi wisata ini, Kamu bisa memulai perjalanan dari Ketep Pass yang selanjutnya dilanjutkan dengan berjalan lurus hingga sampai di persimpangan pertama. Dari sini, Kamu bisa belok kiri dengan mengambil jalur ke Boyolali. Di sepanjang jalur ini, Kamu akan menemukan papan petunjuk yang mengarah pada lokasi wisata curug kedung kayang. Kurang lebih 3km dari Ketep, Kamu akan menemui sebuah pertigaan kecil dan Kamu bisa belok kiri di mana Kamu akan menemukan gapura tempat wisata air terjun di Jawa Tengah tersebut.

Curug Silangit

Memiliki tiga tingkatan yang berbeda 30 meter, 10 meter dan 10 meter, curug Silangit ini bisa Kamu nikmati keindahannya ketika mengunjungi Dusun Jaketro, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Purworejo. Salah satu wisata air terjun di Jawa Tengah ini memiliki daya tarik tersendiri dengan ragam kegiatan yang bisa dilakukan selama berwisata di sana.

Untuk mengunjungi lokasi tersebut, Kamu bisa menggunakan angkutan umum dengan mengambil jurusan Purworejo – Kaligesing yang mana lokasi terminal angkotnya ada di belakang Pasar Baledono. Dari terminal itu, Kamu bisa turun di Palpitu dan selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki ke arah kanan sekitar 15-30 menit menuju jalur Goa Seplawan. Perjalanan kemudian bisa dilanjutkan dengan bertanya kepada warga sekitar sebab lokasinya cukup dekat dengan perkampungan.