Catat! 10 Destinasi Wisata di Yogyakarta, Cocok untuk Liburan Sekolah

Catat! 10 Destinasi Wisata di Yogyakarta, Cocok untuk Liburan Sekolah – Daftar 10 destinasi wisata di Yogyakarta yang cocok untuk dikunjungi saat liburan sekolah. Lokasi lokasi yang bukan hanya jadi tempat rekreasi, tapi juga bisa menambah pengetahuan karena punya sisi edukasi.

Musim libur sekolah semester genap 2023 segera tiba. Momentum ini asyiknya dimanfaatkan untuk liburan keluarga. Ada banyak destinasi di Indonesia yang layak dikunjungi, salah satunya Yogyakarta.

Ya, Daerah istimewa Yogyakarta merupakan destinasi liburan sempurna dengan pilihan tempat wisata yang beragam.

Berikut 10 objek wisat di Yogyakarta yang cocok dikunjungi saat liburan sekolah :

Taman Pintar

Taman Pintar merupakan taman bermain yang sangat direkomendasikan untuk liburan bersama anak. Di tempat ini pengunjung dapat memperlajari banyak hal mulai dari sains, teknologi, astronomi, seni dan sebagainya.

Lokasinya juga berada di tengah Kota Yogyakarta sehingga mudah untuk diakses.

Kids Fun Parcs

Berikutnya ada taman bermain yang bernama Wahana Funs Parcs. Sesuai namanya, tempat ini menyediakan berbagai wahana mulai dari wahana anak, wahana keluarga hingga wahana yang memacu adrenalin.

Salah satu wahana yang menjadi andalan destinasi ini adalah gokart dan waterboom.

Merapi Park

Sesuai namanya, Merapi Park merupakan destinasi yang berada dengan gunung Merapi. Di tempat ini pengunjung dapat menikmati udara sejuk pegunungan sambil melihat berbagai replika bangunan ikonik dari seluruh dunia seperti menara Eiffel, Kincir Angin Belanda, Patung Liberty dan sebagainya.

Bangunan ini sangat cocok untuk rekreasi sekaligus mengenalkan banyak negara pada anak.

Museum Dirgantara

Fase anak-anak adalah masa yang sangat bagus untuk mengenalkan banyak hal termasuk pesawat terbang. Untuk mengenalkan dunia dirgantara, Museum Dirgantara sangat cocok untuk dikunjungi saat libur sekolah.

Di tempat ini pengunjung dapat melihat berbagai jenis pesawat tempur sekaligus belajar sejarah TNI AU hingga kemerdekaan Indonesia.

Gembira Loka Zoo

Gembira Loka Zoo sangat cocok dikunjungi saat libur sekolah untuk mengenalkan aneka hewan mulai dari mamalia, reptil, hingga aneka burung. Lebih dari itu, Gembira Loka Zoo juga menyediakan berbagai wahana seru untuk bermain hingga sepeda untuk mengelilingi area kebun binatang ini.

Wildlife Rescue Center Jogja

Selain Gembira Loka Zoo, Wildlife Rescue Center Jogja juga dapat menjadi pilihan untuk wisata ke kebun binatang. Bertempat di Kulon Progo, tempat ini merupakan wisata kebun binatang sekaligus tempat rehabilitasi satwa-satwa yang dilindungi.

Asram Edupark

Asram Edupark merupakan tempat wisata seluas 11 hektar yang mengusung konsep rekreasi dan edukasi. Di tempat ini pengunjung dapat menikmati suasana camping di alam terbuka. Selain itu, pengunjung juga bisa belajar mengolah dan menyantap steak.

Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Bermain air selalu bisa menjadi pilihan terbaik untuk menikmati libur sekolah. Di Jogja, kamu dapat mengunjungi Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark. Sesuai namanya, wisata ini mengusung konsep bajak laut dengan banyak wahana air yang menarik untuk dicoba.

Wisata Tembi

Wisata menarik yang patut dicoba saat libur sekolah berikutnya adalah Desa Wisata Tembi. Di tempat ini pengunjung dapat belajar tentang budaya lokal sembari menikmati alam.

Hal itu karena di desa ini setiap pengunjung dapat menikmati hidup di pedesaan, memandikan kerbau mengunjungi museum budaya, hingga menaiki berbagai transportasi tradisional mulai dari becak, andong, hingga kereta mini.

Studio Alam Gamplong

Studio Alam Gamplong merupakan wisata yang terbuat dari bekas lokasi syuting film Bumi Manusia dan Sultan Agung.

Di tempat ini pengunjung dapat belajar mengenai bangunan Indonesia pada abad 16 dan 17.

Dengan latar yang unik, tempat ini sangat menarik untuk menjadi tempat berswafoto.

Itulah 10 destinasi wisata di Yogyakarta yang cocok untuk liburan sekolah.

Keren juga ya guys permainannya itu ada di Yogjakarta jadi tidak usah keluar negeri lagi untuk bermain wahana wahana tersebut.. Ke dalam negeri juga sudah ada jenis jenis permainan yang keren.

Menjelang liburan sekolah, tentu daftar tujuan liburan wajib disiapkan jauh-jauh hari. Di Jogja, ada banyak macam pilihan wisata untuk mengisi waktu liburan, mulai dari yang edukatif hingga wisata alam.

Buat kamu yang hendak menghabiskan waktu liburan sekolah di Jogja, berikut ini beberapa destinasi wisata yang cocok, edukatif dan seru!

1. Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali atau yang biasa disebut dengan Monjali ini tentu sudah gak asing lagi bagi pelajar dan orang lokal. Bangunan yang didirikan untuk memperingati peristiwa penjajahan Belanda sampai saat ini menjadi opsi wisata dan kunjungan sekolah. Didirikan sejak 1985, Monjali berada di Jogja bagian utara yang sangat mudah dijangkau buat wisatawan.

Museum Monjali terbagi menjadi beberapa bagian dengan tema berbeda. Menampilkan berbagai koleksi bersejarah yang bisa memberikan wawasan baru buat generasi muda. Selain jalan-jalan, kamu bisa menonton pertunjukkan yang selalu ditampilkan dalam rangka mengenang sejarah Indonesia.

2. Kampung Flory

Merupakan suatu desa wisata berada di kawasan Sleman yang terkenal dengan kesejukan alamnya. Bisa dibilang tempat ini paket lengkap, karena sudah tersedia fasilitas kuliner, wisata petik buah, homestay, hingga terapi ikan yang bikin gambah seru. Buat yang berencana melakukan kegiatan anak berombongan, disini ada paket outbond seru dengan pemandunya.

Banyak pengetahuan yang bisa didapat disini, termasuk pemahaman mengenai agro tani. Kampung Flory juga sering kali digunakan sebagai lahan pengadaan pelatihan, karena lingkungannya yang adem dan nyaman. Buruan rencanain, yuk!

3. Taman Pintar

Tentu sudah gak asing lagi bagi wisatawan luar ataupun lokal. Taman pintar memang jadi salah satu destinasi asyik buat belajar dan bermain, bahkan untuk pelajar dan mahasiswa. Banyak wahana dan program edukasi seru yang bisa dicoba dan ditonton untuk kembangkan pengetahuanmu di sini.

Tersedia berbagai zona belajar dan bermain, seperti zona peraga sains dan teknologi, wahana bahari, pertunjukkan astronomi, teater 4D, melukis, dan berbagai pertunjukan menarik lainnya. Tempat ini mudah dijangkau karena berada di lokasi strategis. Walaupun berada di tengah kota, tapi tempat ini sudah diatur sedemikian nyamannya buat pengunjung.

4. Kids Fun Yogyakarta

Setelah anak-anak penat melaksanakan ujian, paling asik sih ari wisata nuansa air. Kids Fun jadi destinasi belajar dan bermain dengan lokasi alam yang sangat sejuk dan menenangkan. Banyak permainan, mulai dari wahana ringan buat anak yang bisa dinikmati kalangan dewasa pula, seperti bumper car dan zyclon coaster.

Di Kids Fun Jogja juga selalu mengadakan pertunjukkan seru buat pengunjung. Kalau beruntung, kamu bisa melihat hiburan dino setiap Sabtu, Minggu dan hari libur nasional di depan wahana jurrasic park. Pasti jadi momen paling berkesan buat anak, deh.

5. Museum Gunungapi Merapi

Seperti namanya, Museum Gunungapi Merapi Yogyakarta didirikan untuk mengenal serta mengenang fenomena letusan Gunung Merapi. Suara gemuruh bak erupsi pun menyelimuti ruangan museum, membuat kita ikut merasakan momen saat bencana tiba. Disertai berbagai pertunjukan visual yang berikan pemahaman baru mengenai fenomena alam.

Berbagai pertunjukkan edukasi ditampilkan, termasuk replika sebaran awan panas dan peraga simulasi bencana alam. Lokasi museum satu ini juga sangat mendukung karena berada di kaki Gunung Merapi yang sejuk. Tapi sayangnya, destinasi ini ditutup sementara karena adanya renovasi bangunan agar lebih baik lagi.

6. Museum Dirgantara

Museum Dirgantara digagas TNI Angkatan Udara untuk mengabadikan peristiwa bersejarah di dunia TNI AU. Museum ini mengenalkan beberapa tokoh sejarah melalui foto, serta diorama peristiwa Angkatan Udara Indonesia yang bisa dikenalkan kepada anak.

Asyiknya lagi, di sini juga terdapat beberapa replika Perang Dunia II serta perjuangan kemerdekaan Indonesia, sehingga kita pun turut belajar sejarah. Tentu bakal jadi wawasan baru buat kita semua, nih!

7. Kebun Binatang Gembira Loka

Pilihan terbaik buat kamu yang ingin merasakan destinasi alam bebas dengan menonton berbagai koleksi binatang. Gembira Loka memiliki sisi alam yang asri dan bikin nyaman berkeliling. Jangan lupa, kenalkan serta berbagai wawasan jenis binatang kepada anak ya.

Sembari menikmati pertunjukan berbagai koleksi hewan, kamu bisa menikmati berbagai wahana seru yang sudah disediakan. Bila kamu lelah, tersedia kereta dan sepeda yang bisa jadi sarana berkeliling di dalam area sini. Kamu pun bisa merasakan keasyikan menaiki perahu berkeliling danau buatan di tengah kawasan Gembira Loka.

8. Museum Benteng Vredeburg

Merupakan ikon pertama yang menyita wisatawan, karena letaknya di pusat Kota Jogja dan kawasan Titik Nol Kilometer. Menjadi destinasi bersejarah, kamu bisa ajak anak untuk mengenalkan arti perjuangan bangsawan di zamannya. Banyak kenangan yang bisa kamu saksikan melalui pertunjukan di sini.

Banyak spot vintage juga yang bisa kamu manfaatkan untuk mengabadikan kenangan perjalanan wisatamu di Jogja. Bangunan ini terbagi menjadi beberapa bagian yang punya fungsi dan koleksi berbeda. Tapi perlu diperhatikan ya, khusus hari Senin dan libur nasional di sini tutup.

Itu dia beberapa destinasi yang bisa kamu catat dulu sebelum liburan tiba. Sesuaikan dengan ketertarikan buah hati ataupun kamu sendiri. Pastikan cek dulu akun media sosialnya untuk mengetahui perkembangan informasi terbaru!

Keren juga ya guys.. Teknologi wahana sekalian sejarah sejarah jadi sekalian adik adik bisa saling belajar dalam sejarah..

Scroll to Top