Tubocharger, Teknologi mesin Balap yang Bikin Hemat BBM dan Bertenaga

Tubocharger, Teknologi mesin Balap yang Bikin Hemat BBM dan Bertenaga – Turbocharger sering di pakai pada mobil balap. Komponen ini menghasilkan daya yang besar sehingga mobil dapat melaju kencang.

Tidak hanya mobil balap, turbocharger juga kini marak digunakan pada mobil biasa, karena dinilai dapat menghemat bahan bakar dan menghasilkan emisi yang lebih rendah.

Berikut fakta menarik seputar turbocharger.

1. Turbocharger awalnya digunakan untuk daur ulang gas buangan

Turbocharger pertama kali ditemukan oleh seorang insinyur asal Swiss bernama Alfred Buichi pada abad ke-20. Saat itu, mesin ini dijadikan perangkat tambahan pada mesin daur ulang gas buangan.

Pemakaiannya kian lama diterapkan pada mobil, karena sejak awal turbocharger berperan untuk meningkatkan tenaga mesin.

2. Komponen yang terdapat di turbocharger

Turbocharger memiliki tiga komponen utama, yaitu rumah as, roda kompresor, dan roda turbin. Roda turbin akan mengalihkan gas pembuangan yang sebenarnya akan mengalir ke muffler.

Kemudian, gas pembuangan ini akan memutar roda atau baling-baling turbin yang sudah terhubung dengan kompresor. Terakhir, kompresor akan meningkatkan tekanan udara yang akan mengalir ke ruang pembakaran.

Sehingga, turbocharger memiliki fungsi untuk memasukkan udara yang akan berpengaruh pada ruang pembakaran.

3. Keuntungan menggunakan turbocharger

Keunggulan jika mobil menggunakan turbocharger dapat meningkatkan performa mesin mobil secara maksimum. Selain itu, tingkat konsumsi bahan bakar juga akan lebih efisien jika menggunakan turbocharger.

Harga turbocharger sangat beragam, tergantung spesifikasi yang dibutuhkan. Ke depannya, turbocharger akan memiliki banyak varian yang bisa digunakan untuk kendaraan.

Bicara soal turbocharger, para pecinta kendaraan roda empat pasti tahu namanya. Turbocharger banyak dijumpai pada kendaraan roda empat dengan mesin diesel, seperti truk dan kendaraan roda empat lainnya yang menggunakan mesin diesel. Turbocharger juga merupakan komponen yang sangat penting pada mobil diesel, karena mampu menghasilkan tenaga yang sangat tinggi.

Mobil diesel biasanya memiliki mesin turbo. Tujuannya agar dapat meningkatkan tenaga mesin dan suara yang dihasilkan menjadi lebih halus. Turbo sendiri merupakan sistem forced intake yang dapat meningkatkan tenaga mesin dengan memanfaatkan gas buang dari mesin.

Namun, turbo pada mesin diesel bisa gagal karena beberapa faktor. Beberapa di antaranya karena gasket yang rusak, oli mesin yang terlalu banyak terbakar dan jarang memperhatikan kebersihan filter udara.

Sebagai bukti adanya komponen yang satu ini, dipastikan mesin diesel mobil tidak memiliki sisa tenaga atau kekuatan mesin yang kuat. Nah untuk pembahasan kali ini kita akan coba membahas tentang apa itu turbocharger? fungsi, manfaat, dan cara kerjanyanya pada mesin diesel.

Untuk itu pada pembahasan kali ini kami telah mengumpulkan informasi mengenai serba-serbi turbocharger dan berbagai fungsinya yang menarik untuk dibahas.

Turbocharger adalah kompresor sentrifugal yang mendapatkan tenaganya dari turbin yang ditenagai oleh gas buang kendaraan. Sering digunakan pada mesin pembakaran dalam untuk meningkatkan tenaga dan efisiensi mesin dengan meningkatkan tekanan udara yang masuk ke dalam mesin. Keuntungan utama turbocharger adalah mereka secara signifikan meningkatkan tenaga mesin hanya dengan sedikit bobot ekstra.

Turbocharger ditemukan oleh insinyur Swiss Alfred B├╝chi. Patennya untuk turbocharger diterapkan pada tahun 1905. Lokomotif dan kapal dengan mesin diesel dan turbocharger mulai terlihat pada tahun 1920-an.

Kerugian mesin bensin adalah rasio kompresi harus dikurangi (untuk menghindari melebihi kompresi maksimum dan untuk menghindari ketukan), yang mengurangi efisiensi mesin pada daya rendah. Mesin diesel turbocharged yang dirancang khusus tidak memiliki kelemahan ini. Namun, saat beroperasi di ketinggian, peningkatan tenaga turbocharger sangat mempengaruhi total output kedua jenis mesin tersebut. Faktor terakhir itulah yang membuat mesin pesawat turbocharged sangat menguntungkan; dan ini adalah ide pertama untuk mengembangkan alat ini.

Komponen mesin memiliki tiga bagian utama: roda turbin, roda kompresor, dan camshaft. Roda turbin dengan sudu berputar dengan tekanan gas buang, kemudian melalui poros putar roda turbin, roda kompresor juga berputar dengan sudu-sudunya sedemikian rupa untuk memompa udara menjadi massa yang padat. Karena komponen ini sering berputar melebihi 80.000 rpm, pelumasan yang baik sangatlah penting.

Pada tahun 1970, Mercedes Benz meluncurkan mobil turbocharged yaitu Mercedes Benz 300 SD, disusul Chevrolet Corvair Monza dan Oldsmobile Jetfire yang mempelopori munculnya teknologi turbocharger di dunia otomotif.

Dapat dikatakan bahwa sejak diperkenalkannya mobil dengan prinsip pengoperasian turbocharger, stigma masyarakat terhadap mesin diesel turbocharger dapat berubah.

Turbocharger adalah salah satu bagian dari mesin diesel yang berguna untuk meningkatkan tenaga mesin karena efisiensi volumetrik udara yang masuk ke ruang bakar.

Prinsip kerja turbocharger adalah forced induction dengan stok utama, menggunakan udara dari knalpot kendaraan, yang diumpankan dan diarahkan ke ruang bakar.

Induksi paksa atau forced induction sendiri adalah proses dimana udara tekan disuplai dan diarahkan ke intake mesin untuk membakar bahan bakar di ruang bakar.

Memberikan tekanan ekstra untuk menghasilkan tenaga berupa efisiensi mesin yang lebih baik. Turbocharger juga memiliki teknologi sensor tekanan turbo yang berfungsi sebagai pembacaan tekanan manifold, yang kemudian diubah oleh ECU mesin untuk menambah jumlah bahan bakar yang diinjeksikan oleh injektor.

Salah satu cara untuk meningkatkan tenaga/efisiensi mesin diesel adalah dengan menggunakan turbocharger. Prinsip kerja turbocharger adalah memanfaatkan panas gas buang sebagai energi untuk memampatkan udara pembakaran sehingga tercapai tenaga yang tinggi. Gas buang hasil pembakaran tiap silinder kemudian diarahkan melalui exhaust manifold, yang kemudian berekspansi ke turbocharger sisi turbin, menciptakan energi mekanik yang kemudian digunakan sebagai tenaga untuk memutar turbocharger sisi kipas.

Sekarang kipas berada di sisi intake, udara pembakaran meningkat di sisi intake manifold mesin diesel. Mesin mobil yang bertenaga membutuhkan jumlah silinder yang lebih banyak dari biasanya. Oleh karena itu, wajar jika mobil sport atau balap memiliki lebih banyak silinder daripada mobil kelas lain.

Mobil dengan jumlah silinder 6 silinder, 8 silinder, bahkan 12 silinder cocok untuk mobil sport atau balap. Peran silinder pada mobil adalah untuk menyimpan bahan bakar dan oksigen, yang kemudian dibakar untuk menghasilkan tenaga mesin yang lebih baik dan lebih besar.

Tak heran jika ingin mendapatkan performa maksimal dari sebuah mesin mobil, dibutuhkan jumlah silinder yang banyak. Bagaimana dengan mobil dengan silinder kurang dari 6? Tidak bisa mendapatkan lebih banyak performa mobil? Tentu dapat dilengkapi dengan turbocharger yang menggunakan prinsip forced induction atau induksi paksa.

Dengan memaksa sejumlah udara masuk ke dalam ruang silinder melalui proses kompresi, udara di dalam ruang silinder yang kemudian dibakar menjadi lebih padat dan mengandung lebih banyak oksigen, sehingga menghasilkan tenaga yang jauh lebih besar setelah pembakaran.

Scroll to Top