Kota Wisata Kuliner Unggulan Di Indonesia

Kota Wisata Kuliner Unggulan Di IndonesiaIndonesia terkenal dengan kekayaan kuliner yang khas dan lezat. Setiap kota memiliki ciri khas terhadap cita rasa dan komposisi sajian yang mampu menggugah selera. Seiring dengan keistimewaan tersebut, Kementerian Pariwisata Indonesia menyiapkan beberapa destinasi wisata kuliner unggulan Indonesia agar semakin mendunia.

Faktanya, kota kuliner tersebut memiliki kelebihan pada daya tarik makanan, kelayakan pelayanan, kelayakan lingkungan, kelayakan bisnis, serta peranan pemerintah dalam pembangunan wisata kuliner.

Untuk itu, sebagai warga negara Indonesia, kamu wajib mencoba kuliner di kota-kota ini sebelum semakin go international Inilah deretan beberapa jenis kuliner Indonesia yang unggul dan banyak di minati.

Kota Wisata Kuliner Unggulan Di Indonesia
Kota Wisata Kuliner Unggulan Di IndonesiaKota Wisata Kuliner Unggulan Di Indonesia

Kota Wisata Kuliner Unggulan Di Indonesia

Bali

Bali, destinasi wisata kuliner unggulan di Indonesia Bali, destinasi wisata kuliner unggulan di Indonesia

Bali memang terkenal dengan wisata pantai dan resornya yang menawan. Tapi, wisata kuliner khas Pulau Dewata ini juga tidak kalah menariknya. Ada banyak pilihan makanan autentik dan kaya akan rempah-rempah yang bisa kamu cicipi dari beberapa masakan khasnya, seperti sate lilit, sate plecing, babi guling, ayam betutu, nasi jingo, nasi tepeng, lawar, dan masih banyak lainnya. Rata-rata makanan tersebut disajikan dengan rasa pedas. Tapi, tidak usah khawatir bagi kamu yang tidak suka makanan pedas, karena beberapa tempat makan sudah menyesuaikan tingkat kepedasan pada menunya agar bisa dimakan seluruh wisatawan lokal dan mancanegara.

Selain itu, kelebihan dari wisata kuliner di Bali adalah tersedianya tempat makan dengan pemandangan alam yang mewah dan indah. Namun, jika kamu lebih mementingkan wisata kuliner yang menawarkan cita rasa tinggi, rekomendasi tempatnya adalah Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, Bali Buda, Warung Mak Ben, dan Warung Mami.

Semarang

Semarang, destinasi wisata kuliner unggulan di Indonesia Semarang, destinasi wisata kuliner unggulan di Indonesia

Semarang menawarkan sajian kuliner yang sangat beragam. Mulai dari camilan sampai makanan berat seperti daging olahan bisa kamu nikmati di sini. Beberapa masakan khas pun juga ikut disajikan di kota lain, contohnya bandeng presto dan nasi goreng babat. Meski begitu, kamu tetap wajib ke Semarang karena ada beberapa menu lezat yang kabarnya sulit ditemukan di tempat lain. Contohnya, mie kopyok, soto bangkong, dan babat gongso. Selain itu, banyak pilihan jajanan khas yang paling nikmat disantap langsung di Semarang, seperti lumpia, tahu petis, tahu gimbal, tahu pong, kue leker, dan wedang tahu.

Untuk mencoba beragam kuliner legendaris tersebut, beberapa tempat makan yang direkomendasikan adalah Lumpia Gang Lombok, Tahu Gimbal Pak Edy, Tahu Petis Prasojo, Mie Sang Kie, Babat Gongso Pak Karmin Mberok, dan Warung Asem-Asem Koh Liem. Pastikan perut kamu kosong jika ingin berwisata kuliner di Semarang agar bisa mencicipi seluruh santapan khasnya!

Solo

Solo adalah surga kuliner bagi kamu pecinta makanan manis dan gurih. Nasi liwet, gudeg ceker, tahu kupat dan serabi adalah beberapa makanan khas yang tak terlupakan dari Kota Batik ini. Tempat makan populer di Solo kebanyakan berkonsep warung biasa, sehingga tak heran jika harga makanan relatif murah untuk para wisatawan. Beberapa rekomendasi tempat kulinernya adalah Bu Wongso Lemu, Timlo Sastro, Tengkleng Klewer Bu Edi, dan Serabi Notosuman. Selain itu, di Solo juga tersedia berbagai café asyik buat nongkrong yang menawarkan beragam menu angkringan sampai western,di antaranya adalah Xocolati, Café Tiga Tjeret, dan EATernity.

Yogyakarta

Ada banyak alasan untuk jatuh cinta dengan kota Yogyakarta. Selain memiliki banyak wisata alam menarik, Kota Budaya ini juga menawarkan beragam kuliner khas dengan harga terjangkau dan tempat makan yang mudah diakses. Bahkan, kamu bisa temukan makanan khas gudeg, bakmi Jawa, sate klathak, sego kucing, krecek, di pinggir jalan. Ada juga camilan bakpia pathuk, yangko, geplak, cenil Jogja, dan coklat monggo, untuk menemani kamu jalan-jalan di sana.

Selain itu, beberapa wisata kuliner populer juga menawarkan pemandangan alam yang indah untuk menemani wisatawan bersantap. Seperti The Manglung Café yang memperlihatkan pemandangan kota Yogyakarta dan Warung Sawah Gondang Legi yang menawarkan suasana asri a la pedesaan. Jika kamu hanya ingin menikmati makanan khas dengan atmosfir budaya Jawa yang kental, Yogyakarta juga punya House of Reminten dan Restoran Sekar Kedathon.

Scroll to Top