Cuaca Tidak Menentu, Berikut Tips Menjaga Kekebalan Tubuh

Cuaca Tidak Menentu, Berikut Tips Menjaga Kekebalan Tubuh

Cuaca Tidak Menentu, Berikut Tips Menjaga Kekebalan Tubuh – Seorang pengguna situs tanya jawab Quora bertanya, “mengapa perubahan cuaca semakin tidak menentu?” Seorang pengguna lain menanggapi, “karena cuaca sendiri adalah keadaan atau fenomena atmosfer yang terjadi dalam waktu relatif singkat”.

Ia melanjutkan, bahwa ada banyak faktor yang membuat cuaca suka berubah-ubah, mulai dari perbedaan tekanan udara, suhu, kelembapan antara satu tempat dengan tempat lainnya, hingga gerak angin. Semua itu menuntut kita agar ekstra mempersiapkan diri.
Misalnya, bila cuaca sedang terik seketika hujan badai. Tentu kita sudah harus menyiapkan payung dan jaket tebal. Selain itu, tak kalah menjaga kesehatan badan menjadi hal yang tak kalah penting.
Pasalnya, kondisi cuaca yang tidak terprediksi turut memengaruhi kesehatan seseorang. Misalnya saja, saat siang cuaca panas, kemudian malam hari hujan lebat, membuat tubuh perlu melakukan adaptasi cepat dengan perubahan suhu yang mendadak.
Keadaan cuaca yang demikian jelas menguji daya tahan tubuh kita. Jika tubuh tidak dalam kondisi yang prima, penyakit dengan mudahnya akan menyerang.
Terutama penyakit pada saluran pernapasan seperti flu dan sakit tenggorokan. Dua masalah kesehatan ini seringkali menjadi ancaman di kala cuaca sedang tidak stabil. Lalu, apa yang bisa dilakukan agar tetap sehat di tengah perubahan cuaca tidak menentu? Yuk, simak beberapa tips berikut!

Makanan Bergizi dan Seimbang

Nutrisi yang tepat adalah kunci utama dalam menjaga kekebalan tubuh. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Fokus pada makanan segar seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan, dan daging tanpa lemak. Perhatikan asupan vitamin C, D, E, dan zinc yang memiliki peran penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Hindari makanan olahan, makanan cepat saji, dan gula berlebihan yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh.

Istirahat yang Cukup

Sudah jadi rahasia umum, kurang tidur dapat menyebabkan daya tahan tubuh menjadi lemah. Dilansir Insider, kurangnya tidur bisa membuat tubuh kita rentan terhadap banyak virus yang menginfeksi.
Apalagi di tengah kondisi perubahan cuaca yang tidak bisa diprediksi, istirahat yang cukup menjadi sangat penting untuk memulihkan stamina dan kekuatan imun.
Usahakan kita memperoleh waktu tidur nyenyak dalam tujuh hingga delapan jam setiap harinya, sebab hal tersebut sangat efektif membantu meningkatkan kekebalan imun dalam tubuh. Juga penting untuk menciptakan rutinitas tidur yang teratur dan lingkungan tidur yang nyaman.

 Olahraga Teratur

Di samping istirahat yang cukup, kita pun dapat menjaga kondisi tubuh di tengah perubahan cuaca yang ekstrim dengan rutin berolahraga. Kegiatan satu ini dapat menjaga fungsi tubuh dengan baik.
Berolahraga ringan —seperti melakukan exercise— dapat membuat tubuh berenergi dan meningkatkan daya tahan. Beberapa jenis olahraga ringan seperti berjalan kaki, jogging, lunges, push-up, dapat kita lakukan juga sebagai alternatifnya.
Dengan berolahraga secara rutin, kesehatan mental kita pun akan terjaga, karena saat berolahraga, tubuh akan memproduksi produksi hormon endorfin dalam otak.

Kurangi Stres

Stres yang berlebihan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Cari cara untuk mengurangi stres dalam hidup Anda

Seperti meditasi, relaksasi otot, pernapasan dalam, atau aktivitas yang menyenangkan seperti membaca, mendengarkan musik, atau menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman-teman.

Juga penting untuk memprioritaskan waktu untuk diri sendiri dan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan istirahat.

Scroll to Top