Tips Cara Menjaga Tenggorokan Agar Tetap Sehat

Tips Cara Menjaga Tenggorokan Agar Tetap Sehat

Tips Cara Menjaga Tenggorokan Agar Tetap Sehat – Tenggorokan merupakan salah satu dari beberapa organ tubuh manusia yang sangat berfungsi sekali bagi membantu menyalurkan makanan dari mulut menuju ke lambung.

Tenggorokan juga sangat sering sekali mengalami beberapa penyakit yang sangat mengganggu pola makan setiap manusia yang mengalami sakit tenggorokan. Pada umumnya sakit tenggorokan yang sangat sering sekali di alami oleh manusia ialah panas dalam.

Panas dalam merupakan kondisi yang bukan termasuk penyakit, melainkan kumpulan gejala dari penyakit di tenggorokan, atau gejala awal dari infeksi virus maupun bakteri.

Biasanya ditandai dengan rasa sakit, kering, atau gatal di tenggorokan. Nyeri di tenggorokan adalah salah satu gejala yang paling umum, untuk menjaga penyakit tenggorokan maka anda dapat memahami beberapa Tips Cara Menjaga Tenggorokan Agar Tetap Sehat berikut ini :

1. Penuhi Kebutuhan Cairan

Asupan cairan sangat penting untuk tubuh, termasuk dalam upaya menjaga kesehatan tenggorokan.

Maka dari itu, salah satu cara mencegah radang tenggorokan adalah dengan menjaga asupan cairan setiap hari. Usahakan minum air putih setidaknya dua liter sehari.

2. Hindari Polusi Udara

Nyeri tenggorokan juga dapat terjadi akibat terpapar asap atau polusi udara yang ada di sekitar lingkungan hidup.

Menghindari sumber polusi udara adalah hal yang harus dilakukan. Namun, jika kita harus tetap berkegiatan di sekitarnya maka memakai masker bisa menjadi solusi.

3. Berhenti Merokok

Rokok dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan gangguan. Rokok juga jadi salah satu pencetus utama kanker di area tenggorokan.

Berhenti merokok setidaknya bisa menurunkan risiko gangguan pada bagian tenggorokan kita.

4. Rajin Mencuci Tangan

Telapak tangan dapat menjadi sarang untuk banyak kuman penyebab penyakit, termasuk radang tenggorokan.

Rajin mencuci tangan dengan cara yang benar, menggunakan sabun dan air mengalir, dapat efektif membunuh kuman.

Dengan tangan yang bersih, maka risiko penularan penyakit dapat diminimalisasi karena tak ada lagi kuman yang menempel dan bisa tersebar dari tangan kita.

5. Hindari Kontak dengan Orang Sakit

Penyakit di area tenggorokan sangat mudah menular, terutama saat penderitanya batuk dan bersin sehingga terjadi penyebaran droplet.

Maka dari itu, hindari kontak dengan orang yang sedang sakit adalah cara efektif untuk mencegah masalah tenggorokan.

Sebaliknya, bila Anda sedang mengalami masalah tenggorokan, gunakan masker dan minta izin tidak bekerja kalau memungkinkan.

6. Hindari Bertukar Alat Makan

Berbagai penyakit dapat ditularkan dengan mudah saat Anda bertukar alat makan dengan orang lain.

Hal lain yang juga dapat menyebabkan infeksi tenggorokan adalah berbagi makanan dengan penderita yang punya masalah tenggorokan.

Sedangkan untuk mencegah radang tenggorokan, hindari bertukar makanan atau alat makan dengan orang lain.

7. Konsumsi Buah Dan Sayur

Buah dan sayur kaya antioksidan, vitamin, dan mineral. Zat-zat tersebut bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Selain itu, zat di atas juga dapat membantu sel tubuh melawan infeksi, termasuk masalah tenggorokan.

8. Cukup Istirahat

Terakhir, cara yang tak kalah penting dalam tips menjaga kesehatan tenggorokan adalah istirahat cukup.

Saat beristirahat, tubuh akan mengalami regenerasi, menekan stres, serta membuat tubuh lebih bugar dan sehat.

Pastikan Anda tidur minimal enam hingga delapan jam dalam sehari.

9. Tingkatkan frekuensi Cuci Tangan

Tingkatkan frekuensi cuci tangan Anda, terutama saat Anda berada di sekitar orang yang sedang sakit tenggorokan. Cuci tangan telah terbukti dapat mencegah berbagai macam penyakit, mulai dari influenza hingga infeksi tenggorokan sekalipun.

10.Hindari hal-hal yang bisa mengiritasi tenggorokan

Beberapa hal, seperti asap dan polusi udara, bisa meningkatkan risiko radang tenggorokan. Terlalu banyak berteriak dan mengonsumsi makanan yang berminyak juga diketahui dapat memicu radang tenggorokan.

11. Hindari Merokok

Kurangi merokok atau hal-hal lain yang mengandung nikotin dan tembakau, karena dapat meningkatkan risiko radang tenggorokan. Selain itu, Anda juga sebaiknya menghindari asap rokok atau jauhi dahulu orang-orang yang sedang merokok.

12.Lindungi Tenggorokan Dari Suhu Dingin

Bila Anda tinggal tempat yang dingin atau saat musim hujan tiba, usahakan untuk menjaga daerah tenggorokan Anda tetap hangat.

Leher merupakan salah satu bagian dari tubuh seringkali kehilangan panas tetapi sering diabaikan. Sekitar 40-50 persen panas tubuh manusia bisa hilang dari permukaan kepala dan leher.

Untuk itu, Anda perlu menjaganya tetap hangat terutama jika terjadi perubahan suhu yang ekstrim.

13. Jaga Kebersihan Sikat Gigi

Salah satu sumber infeksi yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang adalah sikat gigi. Rupanya sikat gigi bisa menjadi sumber masalah bagi tenggorokan dan mulut.

Setiap pagi sebelum menyikat gigi, rendam sikat gigi Anda dalam segelas air garam panas (satu sendok teh sudah cukup).

 14. Berkumur Dengan Garam

Berkumur dengan campuran air hangat dan garam dapat membantu mendisinfeksi mulut dan tenggorokan. Kebiasaan tersebut akan sangat ampuh terutama jika Anda mengalami sakit tenggorokan.

Air garam juga bisa digunakan untuk membersihkan hidung tersumbat. Dengan hanya mengendus ringan campuran tersebut pernapasan Anda akan menjadi lebih baik.

15. Minum Campuran Jahe Dan Madu

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan tenggorokan yaitu dengan meminum campuran jahe dan madu. Setelah menyikat gigi di pagi hari, parut atau iris sedikit jahe segar (3-4 ml) dengan 5 ml madu dan campur dengan air hangat.

Anda juga dapat menambahkan sedikit garam dan bubuk kunyit. Ramuan campuran tersebut akan membantu melindungi tenggorokan Anda sepanjang hari.

Jika sudah terlanjur mengalami sakit pada tenggorokan, Anda bisa berkumur dengan air hangat dan cabe rawit.

Beberapa tips di atas merupakan salah satu dari tips yang dapat anda pahamin untuk menjaga tenggorokan sobat agar lebih kuat dan juga terhindar dari berbagai penyakit tenggorokan seperti panas dalam.

Scroll to Top