Tempat Wisata Di Laos Mulai Wisata Sejarah Hingga Wisata Alam

Tempat Wisata Di Laos Mulai Wisata Sejarah Hingga Wisata Alam – Laos adalah salah satu negara yang berada di Asia Tenggara yang menarik untuk di kunjungi. Di mana memiliki deretan wisata budaya, sejarah, religi dan alam yang pasti mampu membuat kamu terpana saat berkunjung ke sana.

Sayangnya, masih banyakwisatawan yang saat ini belum mengetahui keindahan yang ada di laos. Sehingga tidak banyak wisatawan yang pergi berlibur ke sana, Padahal Laos memiliki banyak tempat wisata menarik untuk di jelajahi. Laos juga memiliki iklik Tropis yang hangat sehingga bisa di kunjungi sepanjang tahun.

Tempat Wisata Di Laos Mulai Wisata Sejarah Hingga Wisata Alam
Tempat Wisata Di Laos Mulai Wisata Sejarah Hingga Wisata Alam

Tempat Wisata Di Laos Mulai Wisata Sejarah Hingga Wisata Alam

Nah buat kamu yang gemar melakukan taruhan, maka Liburan ke laos dapat kamu jadikan sebagai refrensi berlibur. Dan berikut ini adalah rangkuman Tempat wisata di laos yang menarik.

Patuxai

Tempat wisata di Laos yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah Patuxai. Patuxai ini merupakan landmark dari kota Vientiane, ibu kota dari Laos yang memiliki tampilan mirip dengan Arc de Triomphe di kota Paris.

Gerbang ini merupakan simbol perjuangan rakyat Laos setelah terbebas dari belenggu penjajahan Perancis selama lebih dari satu abad. Gerbang ini memiliki gaya perpaduan dari unsur Eropa dan Laos. Landmark ini pertama kali dibangun pada tahun 1962 dan sampai saat ini belum rampung karena kondisi ekonomi Laos yang belum stabil. Meskipun begitu, Patuxai tetap menjadi destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan saat kamu berkunjung ke Laos.

Wat Phou

Wat Phou juga masuk dalam daftar tempat wisata di Laos yang layak untuk kamu kunjungi. Wat Phou sendiri memiliki arti “Kuil Gunung” yang dibangun pada akhir abad ke-10 hingga awal abad ke-11.

Usia Wat Phou sendiri bahkan lebih tua dari Angkor Wat yang dibangun pada abad ke-12. Meskipun sekarang Wat Phou telah menjadi reruntuhan kuno, namun keindahannya yang magis tetap menarik minat banyak wisatawan untuk berkunjung sekaligus berwisata sejarah. Sampai saat ini, Wat Phou masih menjadi tempat pemujaan bagi umat Buddha dan didedikasikan untuk Siwa, yaitu salah satu Dewa Hindu Trimurti. Wat Phou ini berlokasi di Champasak dan kerap dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara.

Wat Muang Kang Temple

Masih di kota Champasak, tempat wisata di Laos yang tak kalah menarik untuk kamu kunjungi adalah Wat Muang Kang Temple. Wat Muang Kang Temple merupakan kuil aktif tertua di kota ini dan juga menjadi kuil paling populer di Laos Selatan.

Saat pertama kali memasuki kuil ini, kamu akan disambut dengan Ubosot, sebuah aula penahbisan bergaya Thailand yang tinggi dengan atap dan cincin pilar berwarna merah. Menariknya, kuil ini memiliki gaya bangunan yang merupakan perpaduan dari Laos, Tiongkok, Vietnam dan Perancis. Berlokasi di tepi Sungai Mekong, Wat Muang Kang Temple ini semakin terlihat megah meskipun ada beberapa bagiannya yang rusak.

Wat Xieng Thong

Wat Xieng Thong merupakan salah satu kuil terbesar di Luang Prabang. Kuil ini menjadi simbol yang sangat oenting bagi sejarah karena memiliki struktur bangunannya memiliki karakteristik Lao abad ke-16 dengan ukiran yang rumit namun indah.

Wat Xieng Thong dulunya pernah menjadi tempat penobatan raja-raja Laos, namun sekarang kuil ini menjadi tempat berkumpul untuk perayaan tahunan di Luang Prabang. Menariknya, sampai sekarang kuil ini masih dalam bentuk aslinya karena selalu dilakukan perbaikan pada atap daan penyepuhan daun emas.

Buddha Park

Tempat wisata di Laos yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Buddha Park atau Taman Buddha. Taman yang juga dikenal dengan nama Xieng Khuan ini merupakan sebuah taman patung terbuka dengan patung-patung Buddha raksasa dan Dewa Hindu.

Buddha Park ini berlokasi di sekitar 25 kilometer tenggara Vientiane dan didirikan pada tahun 1958. Disini pengunjung tidak hanya bisa menemukan patung Buddha, namun juga dewa-dewa, setan hingga binatang Mitologi dari kedua kepercayaan tersebut. Taman ini menjadi salah satu tempat favotit pecinta fotografi karena sangat instagramable.

Pha That Luang

Pha That Luang juga masuk dalam daftar tempat wisata di Laos yang patut untuk kamu kunjungi. Pha That Luang ini terkenal dengan stupa emasnya yang indah dengan arsitektur megah bergaya tradisional Laos.

berdiri di ketinggian 44 meter dengan puncak yang dilapisi emas asli dengan deretan menara yang dicat mengelilingi stupa utamanya. Pha That Luang ini terdiri dari beberapa komplek kuil namun hanya sebagian kecil saja yang bisa dijelajahi wisatawan.

Mekong Riverside Park

Berada di Vientiane, Mekong Riverside Park ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Laos yang wajib untuk kamu kunjungi. Taman ini berada di samping Sungai Mekong yang indah dimana pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah dan suasana malam yang romantis.

Kawasan taman ini sering digunakan untuk joging, bersepeda, senam, bermain skateboard atau hanya sekedar bersantai. Bahkan, disini kamu juga akan menemukan fasilitas bermain untuk anak-anak dan fasilitas alat olahraga, lho.

Royal Palace Museum

Tempat wisata di Laos berikutnya adalah Royal Palace Museum yang berada di Luang Prabang. Destinasi wisata yang satu ini tak hanya menarik bagi kamu yang menyukai wisata sejarah saja, namun juga sangat cocok untuk kamu yang suka fotografi.

Royal Palace Museum ini dulunya merupakan Istana Kerajaan Laos, namun sekarang telah menjadi museum. Istana ini memiliki gaya bangunan Perancis yang mewah dengan patung-patung Lao. Tempat ini menyimpan banyak sekali harta berharga negara, seperti jaggery yang menjulang tinggi ke langit. Tak hanya itu, museum ini juga dikelilingi oleh taman yang cantik dengan pohon-pohon kultivar yang langka dan danau yang jernih.

Bolaven Plateau

Laos tak hanya tentang candi dan kuil yang bersejarah saja, lho. Disini kamu juga bisa berkunjung ke sebuah wisata alam yang cukup populer karena menawarkan pemandangan yang luar biasa, yaitu Bolaven Plateau.

Bolaven Plateau ini merupakan sebuah dataran tinggi yang berada di Laos Selatan. Kawasan ini dipenuhi dengan desa-desa suku, perkebunan kopi dan beberapa air terjun paling indah di Laos. Pemandangan alam di Bolaven Plateau ini memang sangat indah, ditambah lagi dengan keindahan budaya yang masih kental sehingga membuat kawasan ini menjadi salah satu tempat wisata di Laos yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

Scroll to Top