Beberapa Ide Liburan Bersama Anak Yang Aman Dan Menyenangkan

Beberapa Ide Liburan Bersama Anak Yang Aman Dan Menyenangkan – Perlu untuk kamu ketahui dari sumatra hingga papua, ada bermacam destinasi menarik yang bisa memberi wawasan anak.

Tentang alam Indonesia yang kaya. Kalau bingung mau ke mana, ide liburan bersama anak ini bisa jadi pertimbangan!

Beberapa Ide Liburan Bersama Anak Yang Aman Dan Menyenangkan
Beberapa Ide Liburan Bersama Anak Yang Aman Dan Menyenangkan

Beberapa Ide Liburan Bersama Anak Yang Aman Dan Menyenangkan

Berikut ini sudah kami rangkum dalam pembahasan di Artikel kali ini. Mengenai beberapa tempat wisata liburan bersama Anak yang dapat kamu datangi untuk berlibur.

Wisata Edukasi di Danau Toba

Salah satu ide liburan bersama anak yang bisa kamu coba ada Danau Toba di Sumatra Utara.

Identik dengan kisahnya yang melegenda, Danau Toba juga menyimpan sejarah panjang yang menarik untuk diikuti.

Liburan ke Toba pun bisa menjadi momen untuk mengajarkan anak tentang Danau Toba dari sisi sejarah dan geografinya.

Berada di ketinggian 904 mdpl, tempat wisata dengan pesona alam luar biasa ini terbentuk akibat letusan dahsyat Gunung Toba purba, mengakibatkan penipisan pada lapisan ozon kala itu.

Dari letusan ini, lahirlah Danau Toba dengan Pulau Samosir di tengahnya.

Danau ini memiliki predikat sebagai danau terbesar di Indonesia dengan luas mencapai 1.130 kilometer persegi, panjang 100 km, lebar 30 km, dan kedalaman sekitar 505 meter.

Baca Juga: 7 Game Seru untuk Weekend Bersama Keluarga, Asyik dan Kompetitif

Pantai Tanjung Kelayang

Termasuk salah satu wisata prioritas Indonesia, ide liburan bersama anak ke Tanjung Kelayang di Bangka Belitung tentu sangat sayang untuk dilewatkan.

Di pantai andalan Belitung ini, kamu bisa mengajak anak menyusuri pesisir pantai berhiaskan banyak batu granit unik, yang salah satunya berbentuk seperti paruh burung.

Kawasan air pesisirnya yang dangkal juga cocok sebagai spot berenang yang aman untuk kamu dan anak.

Selain itu, ada juga Pulau Lengkuas yang terkenal dengan keberadaan mersucuar serta keindahan alam bawah lautnya, yang bisa kamu nikmati lewat kegiatan snorkeling.

Bukan cuma itu, Tanjung Kelayang juga menjadi salah satu lokasi syuting film fenomenal Laskar Pelangi.

Di sini, kamu bisa mengajak anak mengunjungi Museum Laskar Pelangi dan replika SD Muhammadiyah Gantong.

Daya tarik lain dari Tanjung Kelayang adalah acara tahunan Sail Indonesia, tarian selamat datang Tari Sepen, kegiatan konservasi penyu sisik, serta mempelajari kerajinan batu tulis.

Kepulauan Seribu

Bagi kamu yang tidak ingin jauh-jauh dari kawasan ibu kota, Kepulauan Seribu bisa menjadi pilihan ide liburan bersama anak lainnya.

Ada banyak kegiatan menarik dan mendidik yang bisa kamu lakukan di sana. Salah satunya adalah mengunjungi penangkaran penyu di Pulau Pramuka, Semak Daun, Kelapa Dua, Harapan, atau Sepa.

Di tempat ini, kamu dan anak bisa menyaksikan proses penetasan, pembesaran, hingga pelepasliaran penyu sisik ke lautan.

Selain penangkaran penyu, kamu juga bisa mengenalkan manfaat hutan mangrove dengan menyambangi Pulau Pari, Tidung Kecil, Kelapa Dua, hingga Harapan.

Ada juga penangkaran burung murai di Pulau Pari dan wisata sejarah di Pulau Bidadari, Kelor, Onrust dan Cipir.

Candi Borobudur

Masih di Pulau Jawa, ada Candi Borobudur yang kemegahannya terkenal hingga ke mancanegara.

Berdiri di atas lahan seluas 2,5 hektare, Candi Borobudur sarat akan nilai sejarah sehingga cocok kamu jadikan alternatif ide liburan bersama anak.

Sambil jalan-jalan dan menikmati kemegahannya, kamu bisa menyampaikan fakta-fakta menarik terkait candi yang dibangun sekitar tahun 780-840 Masehi di masa dinasti Syailendra ini.

Salah satunya adalah susunan batu candi yang terbuat dari jutaan blok batu, yang dibangun menjadi tiga struktur sebagai lambang tingkatan alam semesta berdasarkan filsafat Buddha.

Selain itu, ada juga fakta bahwa Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia, salah satu warisan budaya UNESCO, dan memiliki 2.672 panel relief dan 504 archa Buddha di dindingnya.

Dari 2.672 relief tersebut, 1.460 di antaranya adalah panel relief cerita (naratif), sementara 1.212 sisanya adalah panel relief dekoratif.

Baca Juga: Bepergian dengan Anak? Ini 7 Tempat Wisata Ramah Anak Paling Top Saat Ini

Gunung Bromo

Jika kamu ingin mencoba kegiatan berpetualang, kawasan wisata Gunung Bromo bisa menjadi pilihan ide liburan bersama anak berikutnya.

Lokasinya yang berada di ketinggian tentu mengharuskan kamu untuk mendaki ke atas untuk menikmati keindahan alamnya yang memukau.

Agar tidak capai dan kegiatan wisata semakin menyenangkan, jeep tour ke Gunung Bromo adalah pilihan yang tepat.

Wisata jeep ini akan membawa kamu mengunjungi beberapa spot ikonis Bromo, seperti spot sunrise, kawah Bromo, padang savana, dan pasir berbisik.

Bromo terkenal dengan suhunya yang sangat dingin. Agar kegiatan wisata tetap aman dan nyaman, gunakan pakaian hangat seperti hendak berlibur ke daerah musim dingin.

Scroll to Top