Arti Developer dalam Bidang Teknologi dan Peluang Kariernya

Developer merupakan salah satu istilah yang digunakan untuk seseorang yang bertugas untuk mengembangkan program dalam bidang teknologi. Hal ini sesuai dengan arti developer secara umum.

Developer artinya orang yang bertugas untuk mewujudkan desain sebuah produk atau layanan dalam bidang teknologi. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai developer dan peluang kariernya mari kita simak ulasannya dalam artikel berikut

Arti Developer dalam Bidang Teknologi beserta Peluang Karier

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat semua hal terasa mudah dan praktis. Adanya perkembangan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan ini terjadi dengan keterlibatan para developer yang asli dalam bidang teknologi.

Apakah developer itu? Developer artinya pengembang atau pembuat. Hal ini merujuk pada seseorang yang bertugas untuk mewujudkan desain sebuah produk atau layanan teknologi seperti software dan website.

Secara umum tugas seorang developer adalah menulis dan mengeksekusi kode sumber perangkat lunak atau aplikasi. Developer atau pengembang dalam bidang teknologi informasi ini memiliki peluang karier yang sangat beragam. Salah satu peluang karier yang dapat diambil seorang developer adalah menjadi web developer atau pengembang situs jejaring.

Seorang web developer memiliki tugas khusus terkait pembuatan situs web. Ulasan tentang web developer dipaparkan dalam buku Revolusi Industri 4.0 yang ditulis oleh Mortigor Afrizal Purba, S.E.Ak., M.Ak., C.A., ‎Agus Defri Yando, S.E., M.Ak. (2020: 232). Tertulis dalam buku tersebut bahwa web developer adalah suatu pekerjaan yang berhubungan dengan pembuatan suatu website.

Tugas seorang web developer adalah menciptakan aplikasi berbasis web menggunakan bahasa pemrograman. Selain itu, ia juga penghubung dari seluruh sumber daya yang dibutuhkan. Selain menjadi web developer, seorang developer juga dapat meneruskan jenjang kariernya dalam dunia pengembangan seluler, yaitu menjadi android developer.

Dalam buku berjudul Fullstack Android Developer Aplikasi Penjualan Tiket Bioskop yang disusun oleh Mochamad Wahyudi, ‎Kusuma Hati, ‎Freshtiya Beby Larasati (2021: 3) disebutkan bahwa android developer adalah seorang pengembang seluler yang berhubungan dengan pembuatan aplikasi untuk smartphone dan perangkat serupa.

Itu dia ulasan singkat mengenai sosok developer dan peluang karier yang dapat ditempuh seorang developer. Semoga bermanfaat, ya!

Apakah kamu memiliki minat yang mendalam di dunia teknologi? Ingin menciptakan sebuah karya yang mumpuni serta dibanggakan?

Mungkin lowongan pekerjaan sebagai software developer bisa jadi salah satu alternatif pilihan profesi di bidang teknologi. Nah, sebenarnya apa saja sih yang dilakukan oleh seorang software developer?
Apa Itu Software Developer?

Software developer merupakan seseorang yang bertugas untuk membangun serta menciptakan suatu produk. Mereka melakukannya sesuai dengan prinsip-prinsip desain dan implementasi rekayasa perangkat lunak.

Hal ini termasuk kinerja, maintainability, skalabilitas, ketahanan, serta keamanan.

Tak hanya itu, mereka juga mendiagnosis masalah-masalah program dan memastikan kualitas program yang mereka buat telah memenuhi syarat.

Mereka juga mencobanya terlebih dahulu sebelum launching ke publik demi mengetahui apakah produk sudah efisien dan fungsional.

Seorang software developer juga terlibat di dalam semua proses yang berhubungan dengan pembuatan dan rancangan sistem yang baru.

Mereka akan membuat rencana, mendirikan parameter, membuat design, coding, encrypting, serta testing.

Tentunya proses ini tidak dikerjakan sendiri melainkan bersama tim lainnya yang melibatkan pula software engineer.

Software developer seringkali menggunakan bahasa pemrograman yang beragam. Pekerjaan mereka pun memang sangat kompleks dan membutuhkan kemampuan lebih dalam dunia komputer, science, bahkan matematika.

Pekerjaan seorang developer akan terus berevolusi seiring berkembangan teknologi yang juga berubah-ubah dengan cepat. Sehingga, seorang developer pun harus sering belajar untuk kemajuan dirinya sendiri.

Apa yang Dilakukan Seorang Software Developer?

Selain bertanggung jawab dalam menciptakan sebuah produk, tugas apa saja yang harus dikerjakan software developer?

  • memodifikasi software untuk memperbaiki kerusakan, mengadaptasi hardware baru, dan untuk mengembangkan kinerjanya
  • mengembangkan dan mengarahkan pengujian sistem software dan prosedur validasi, pemrograman, dan dokumentasi
  • berkolaborasi dengan system analyst, programmer, dan pekerja lainnya untuk mendesain sistem dan aplikasi
  • menganalisis kebutuhan pengguna dan kebutuhan software untuk menentukan kelayakan desain
  • merancang, mengembangkan, dan memodifikasi sistem software dengan menggunakan analisis ilmiah dan model matematika
  • maintenance sistem yang sudah ada dengan melakukan pengawasan serta memperbaiki kesalahan
  • bertemu klien dan project manager untuk merancang dan menciptakan sistem baru
  • merancang, menulis, membaca, testing, dan memperbaiki kode untuk software baru
  • mendokumentasikan update terbaru setiap software

Apa Bedanya Software Developer dengan Software Engineer?

Banyak di antara kalian yang mungkin masih bingung antara software developer dan software engineer. Walaupun nama keduanya mirip, sebenarnya ada sedikit perbedaan dari kedua profesi ini, lho! Apa saja itu?

Untuk memudahkan perbedaan antara software developer dan software engineer, mari lihat terlebih dahulu tugas dan tanggung jawab seorang software engineer.

  • bekerja dengan pengguna untuk mengetahui kebutuhan mereka mengenai software
  • merancang, membangun, dan juga mengetes sebuah sistem atau aplikasi berdasarkan spesifikasi yang diminta oleh pengguna
  • bekerja sama dengan developer untuk menciptakan kode yang sesuai untuk sistem atau aplikasi dengan menggambarkan model atau diagram
  • mendokumentasikan semua sistem atau aplikasi secara detil sebagai bentuk pertanggungjawaban saat melakukan maintenance.
  • memelihara aplikasi atau software secara berkala serta memperbaiki kesalahan yang terjadi
  • merekomendasikan software update untuk aplikasi atau sistem yang sudah ada
  • berkolaborasi dengan developer dan engineer lainnya untuk menciptakan software

Dengan tugas-tugas yang dilakukan oleh para engineer dan developer, dapat dikatakan bahwa tanggung jawab kedua profesi ini mirip. Mereka sama-sama terlibat dalam pembuatan suatu proyek atau software.

Salah satu hal yang membedakan adalah software developer tidak bertanggung jawab penuh atas proyek yang dikerjakan. Hal ini dikarenakan developer hanya meneruskan pekerjaan dari engineer.

Sehingga bisa dikatakan bahwa engineer merupakan pintu dari sebuah proyek yang berjalan. Sementara itu, developer yang akan meneruskan rancangan engineer sampai selesai.

Namun, bukan berarti engineer lepas tangan begitu saja, developer dan engineer akan terus bekerja sama untuk menghasilkan karya yang luar biasa. Kolaborasi dua profesi ini bisa diibaratkan seperti sepatu, alias tidak bisa jalan jika hanya satu.

Scroll to Top