5 Peran Teknologi dalam Bisnis

5 Peran Teknologi dalam Bisnis – Teknologi saat ini sudah banyak dimanfaatkan dalam berbagai sektor kehidupan, termasuk dunia bisnis. Peran teknologi dalam bisnis bisa dibilang sangat krusial, lantaran bisa mendorong kesuksesan perusahaan di era modern yang serba digital seperti saat ini.

Karena itu, banyak orang yang beranggapan bahwa dizaman sekarang pengusaha akan sulit menjalankan bisnis apabila tidak menggunakan teknologi. Lalu apa sebenarnya peran teknologi dalam berbisnis? Temukan informasinya dibawah ini.

Peran Teknologi dalam Bisnis

Merujuk buku Tren Bisnis Digital (Optimasi & Optimalisasi Usaha Berbasis Digitalisasi) susunan Rahmad Firdaus, S.Kel., MM., Dr.Sapta Aji Sri Margiutomo, S.Kom., dkk, berikut beberapa peran teknologi dalam dunia bisnis :

1. Peningkatan komunikasi internal dan eksternal

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sangat berperan penting dalam meningkatkan komunikasi ketika berbisnis, baik internal maupun eksternal.

Secara internal, teknologi akan merampingkan berbagai jenis komunikasi data yang terjadi antar karyawan pada bagian atau unit kerja didalam organisasi perusahaan.

Sementara secara eksternal, teknologi dapat meningkatkan komunikasi antara organisasi perusahaan dengan pelanggan, pemasok, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya dengan menggunakan berbagai pilihan teknologi.

Teknologi tersebut di antaranya seperti email marketing, digital marketing, sosial media marketing, affiliate, content marketing, dan lain sebagainya. Teknologi telah membuat komunikasi menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih luas jangkauan penyebarannya.

2. Pengambilan keputusan yang efisien

Pengambilan keputusan merupakan bagian paling penting dalam berbagai jenis bisnis. Perusahaan bisa mengambil keputusan dengan menggunakan teknologi seperti Big Data, Al, dan loT.

Dengan memanfaatkan teknologi tersebut, perusahaan dapat membuat keputusan yang akurat berdasarkan pengumpulan data pasar dan data pelanggan.

Hal ini tentunya sangat membantu bisnis dalam melihat keunggulan maupun kelemahan perusahaan di waktu tertentu. Sehingga, perusahaan bisa kembali menyusun strategi bisnis yang sesuai.

3. Mendorong pemasaran dan pertumbuhan bisnis

Setelah menyusun strategi bisnis, langkah selanjutnya adalah menyusun pendekatan yang efisien untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan dengan memanfaatkan teknologi.

Dalam hal ini, para pelaku bisnis bisa menggunakan teknologi modern seperti digital promotion mix atau e-promotion mix guna meningkatkan lalu lintas (traffic) agar mudah masuk ke pasar.

4. Meningkatkan hubungan pelanggan

Setiap perusahaan di dunia berupaya membangun basis pelanggan dengan menggunakan sistem customer relationship management (CRM) berbasis teknologi informasi dan komunikasi (ICT).

Istilah tersebut kini lebih dikenal dengan e-CRM, yang memungkinkan bisnis menemukan apa yang dibutuhkan, diinginkan, dan diharapkan oleh basis pelanggan mereka.

Big Data Analytics membantu perusahaan dalam menganalisis banyak data pelanggan dan Cloud Computing membantu penyimpanan data pelanggan.

5. Meningkatkan keunggulan kompetitif

Di era digital sat ini persaingan di pasar menjadi sangat ketat pada berbagai ceruk bisnis yang sama. Teknologi membantu bisnis tetap berada di puncak keunggulan dengan menawarkan wawasan yang lebih baik kepada perusahaan tentang pasar dalam mengarahkan lalu lintas (traffic).

Banyak sekali peran teknologi informasi dalam bisnis yang bisa ditemukan, bahkan mustahil untuk menjalankan bisnis tanpa bantuan teknologi. Baik pemilik bisnis maupun karyawannya harus paham dengan teknologi kalau ingin bertahan dan tetap maju. Perkembangan teknologi juga dinilai sebagai musuh bisnis yang lebih besar daripada kompetitor usaha.

Faktanya, teknologi membawa berbagai kemudahan dalam menjalankan bisnis dan perusahaan pada umumnya. Pekerjaan pun bisa diselesaikan dengan cepat, belum lagi menangani pembeli bisa dilakukan dengan lebih mudah. Produk yang kita miliki pun bisa dipasarkan ke segmentasi yang lebih luas lagi, sehingga jumlah pembeli pun semakin berdatangan.

Peran Teknologi Informasi dalam Bisnis secara Umum

Ternyata, peran teknologi informasi dalam bisnis tidak terbatas pada manfaat yang disebutkan di atas. Dalam bisnis atau perusahaan, selalu ada beberapa pihak yang diuntungkan dengan kehadiran teknologi.

Ada lima peran atau fungsi teknologi informasi yang besar ketika digunakan dalam menjalankan bisnis atau perusahaan. Apa saja?

1. Memudahkan Komunikasi

Perkembangan teknologi selalu menawarkan kemudahan dalam komunikasi, seperti penggunaan aplikasi messenger atau e-mail. Fungsi ini bisa dirasakan baik oleh karyawan perusahaan, pelanggan konsumen, bahkan pemasok atau distributor produk kita.

E-mail dan aplikasi messenger bisa menjadi sarana komunikasi yang lebih murah dibandingkan dengan telepon. Selain itu, komunikasi juga bisa berjalan lebih cepat, sehingga proses penyampaian informasinya pun berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan.

2. Sistem Manajemen Data

Teknologi informasi yang berkembang juga memudahkan dalam manajemen data. Arsip bisnis atau perusahaan yang selalu identik dokumen-dokumen dalam bentuk kertas kini berubah menjadi data digital yang tersimpan dalam komputer perusahaan.

Data digital dokumen ini lebih mudah disimpan dan diakses oleh setiap orang, terlepas dari lokasi mereka yang sedang jauh dari tempat bisnis. Data yang sudah terekam pun masih bisa bertahan hingga beberapa periode ke depan, yang tentunya berguna sebagai bahan pertimbangan atau evaluasi nantinya. Selain itu, data digital dinilai lebih ekonomis dan lebih ramah lingkungan karena minimnya penggunaan sampah kertas.

3. Memudahkan CRM

Customer Relationship Management (CRM), atau komunikasi antara bisnis dan pelanggan pun berjalan lebih lancar berkat perkembangan teknologi informasi ini. Kegiatan bisnis dan pelayanan pembeli pun bisa berjalan selama 24 jam karena aktivitas bisnis terus berjalan tanpa mengenal batas ruang dan waktu apabila diperlukan.

Teknologi informasi pun menciptakan beberapa bot atau layanan komunikasi otomatis yang bisa melayani pelanggan secara langsung dengan cepat. Selain itu, CRM juga bisa menyimpan data kronologis pelanggan sebagai record kegiatan mereka.

Misalnya, pelanggan yang ingin mengetahui status pengiriman barang yang telah dipesan. Sistem CRM akan membantu staf mendapatkan informasi yang dibutuhkan sehingga pelanggan pun bisa dilayani dengan baik.

4. Sumber Informasi bagi Bisnis

Teknologi menyediakan berbagai informasi yang berharga dan sayang dilewatkan bagi suatu bisnis. Apabila sebuah bisnis atau perusahaan ingin maju, mereka harus aktif mencari segala informasi yang bisa memajukan bisnisnya.

Banyak sekali informasi dan pengetahuan mengenai bisnis di internet, hanya saja pebisnis harus berhati-hati dan tetap memilah informasi yang benar-benar bermanfaat. Bisa juga pebisnis mendapatkan banyak mitra atau partner untuk bekerja sama yang bisa menguntungkan bisnis mereka masing-masing.

5. Memudahkan Manajemen Sistem Informasi

Terakhir adalah kemudahan dalam manajemen sistem informasi dalam suatu perusahaan. Data yang disimpan bisa digunakan secara efektif dengan menggunakan sistem informasi.

Misalnya, perusahaan bisa memanfaatkan data penjualan, biaya, dan tingkat produktivitas sebagai pertimbangan atau evaluasi untuk meningkatkan keuntungan dari waktu ke waktu. Dengan adanya sistem informasi secara komputasi, karyawan yang membutuhkannya bisa mendapatkan data tersebut dengan mudah.
Bisa disimpulkan, peran teknologi informasi dalam bisnis tidak hanya menciptakan efektifitas, tapi juga keuntungan hasil penjualan tersebut. Jangan mau dimakan zaman, segera andalkan solusi IT perusahaan Anda bersama AdIns. Hubungi tim kami segera untuk informasi lengkap mengenai produk dan layanan kami.

Scroll to Top