Darurat Kegilaan Teknologi

Darurat Kegilaan Teknologi – Kegilaan teknologi menjadi fenomena yang dangerous dimana masyarakat menjadi sangat tergantung pada teknologi dan gadget mereka sehingga mengabaikan interaksi sosial dan keterlibatan dalam kegiatan lain.

Dalam era digital saat ini, teknologi sudah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari hari. Dan, banyak orang merasa tidak bisa hidup tanpa smartphone, tablet atau komputer mereka.

Kegilaan teknologi dapat memiliki dampak negatif bagi kesehatan mental dan sosial seseorang. Penggunaan berlebihan teknologi dapat membuat seseorang menjadi kurang fokus dan mengalami masalah tidur.

Selain itu, kebiasaan buruk seperti berkendara sambil menggunakan smartphone atau mengambil foto dengan tablet saat makan bersama keluarga dapat mempegaruhi kualitas interaksi sosial.

Untuk mengatasi kegilaan teknologi, penting bagi individu untuk membatasi penggunaan teknologi dan memprioritaskan interaksi sosial dan kegiatan lain. Misalnya, mematikan notifikasi pada smartphone selama waktu berkumpul dengan keluarga atau teman, atau mengurangi waktu yang dihabiskan menonton layar.

Ini juga penting bagi orang tua untuk mengajarkan anak-anak mereka menggunakan teknologi dengan bijak dan membatasi waktu yang mereka habiskan menggunakan gadget.

Nyatanya, teknologi memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita. Namun, penting bagi kita untuk memastikan bahwa kita tidak terlalu tergantung pada teknologi dan mempertahankan interaksi sosial dan aktivitas lain yang penting bagi kesejahteraan kita.

Kegilaan teknologi harus dikendalikan agar tidak mempengaruhi kualitas hidup kita secara negatif.

Pada satu titik, ide berinteraksi dengan komputer untuk mengerjakan semua hal seperti mimpi buruk bagi sebagian orang. Namun, bagi beberapa orang imajinatif yang akrab dengan teknologi, ini merupakan hiburan tersendiri bagi mereka, karena mereka bisa mengekplorasi apa saja untuk hidupnya melalui teknologi.

Teknologi baru bukan saja memberikan kontribusi untuk kehidupan sehari-hari dan membuat segalanya lebih mudah, namun secara praktis dapat mengubah cara kita hidup, teknologi merupakan dimensi baru manusia untuk berinteraksi dengan dunianya pada saat ini.

Teknologi telah mengubah hidup kita selamanya melalui berbagai cara. Itu telah mengubah kehidupan kita sehari-hari dalam semua aspek. Itu telah membuat beberapa manfaat bagi kehidupan kita dan juga kerugian bagi hidup kita. Hari ini kita lebih bergantung pada teknologi sehingga kita tidak dapat hidup satu hari tanpa ponsel, media sosial, dll. Bagaimana teknologi mengubah cara hidup manusia, berikut beberapa diantaranya :

1. Obrolan Virtual

Sebelumnya setiap kali kita ingin menghubungi teman dan relasi, satu-satunya pilihan adalah menelepon untuk mengetahui keberadaan mereka. Namun hari ini kita telah merubah itu melalui media sosial, kita tidak bisa melihat emosi yang terlibat. Alih-alih melakukan panggilan telepon, kita lebih suka mengobrol dengan orang itu secara online melalui obrolan Facebook, WhatsApp, Telegram, Twitter, dll. Kita merasa lebih nyaman daripada melakukan panggilan telepon , Bahkan percakapan penting dilakukan melalui email dan obrolan alih-alih pertemuan pribadi.

2. Sistem Pembelajaran

Pola pengajaran telah benar-benar berubah ketika kita masih muda, kita dulu berbagi catatan dengan teman-teman, tetapi sekarang sistem catatan menghilang ketika kita menyimpan semuanya di komputer dan membagikannya melalui email. Bahkan ruang kelas virtual lebih populer saat ini. Anda bisa mendapatkan pengetahuan tentang subjek apa pun dari seluruh dunia dengan bantuan tutor online. Berapa pun usia Anda, melalui kemajuan seperti itu, Anda dapat bergabung dengan ruang kelas virtual pada waktu yang Anda inginkan dan dari tempat fleksibel Anda.

3. Membaca Buku

Sebelumnya kita biasa membeli buku-buku penulis favorit dari toko buku, namun, sekarang tidak perlu lagi pergi ke toko buku sebagian besar buku dikonversi sebagai e-book, Anda dapat menemukan semua jenis buku tersedia secara online sekarang. Banyak situs belanja yang menjual e-book ini dengan harga diskon online Anda juga mendapatkan berbagai pilihan. Anda dapat meluangkan waktu sendiri untuk memilih buku karena tidak ada penjual buku yang mengawasi Anda. Untuk bacaan tertentu, Amazon mengembangkan Kindle, perangkat elektronik kecil yang dapat Anda baca buku-buku yang diunduh di Kindle dan tidak perlu membawa buku ke mana pun Anda pergi.

4. Semuanya dengan Satu Klik

Dengan kemajuan teknologi, kita dapat melakukan banyak hal dengan satu klik. Di masa lalu orang-orang dulu meninggalkan rumah untuk berbelanja, perbankan, pemesanan hotel, memesan tiket, makan, membeli bahan makanan, dll, sekarang semuanya dapat dilakukan secara online yang telah membuat hidup kita mudah tanpa harus meninggalkan rumah. Saat ini, sebagian besar kita bepergian hanya ketika itu sangat diperlukan. padahal tubuh kita perlu mendapatkan udara segar untuk kesehatan kita.

5. Parenting

Mengasuh anak seperti mengajar anak-anak melalui pengalaman mereka sendiri. Bahkan buku-buku itu adalah teman anak-anak dan orang tua. Tidak ada internet untuk menampilkan informasi tentang suatu topik dan video. Orang tua biasanya lebih suka buku, koran untuk mengajar anak-anak mereka. Dengan kemajuan teknologi, pengasuhan anak juga diajarkan secara online. Jika orang tua ingin mengajar anak-anak mereka, mereka hanya online mencari topik tersebut. Ini adalah anugerah bagi orang tua yang ingin mengajarkan segalanya kepada anak-anak mereka sebelum usia mereka.

6. Kualitas Waktu

Teknologi telah menghabiskan waktu yang sangat berkualitas dengan orang-orang yang kita cintai. Mengapa tidak, teknologi dalam hal media sosial seperti Facebook, WhatsApp, Telegram, Twitter, dll setiap kali dapat mengganggu Anda, kita tidak berhenti memeriksa status, komentar, foto, dll di media sosial tersebut.

7. Menghabiskan Waktu untuk Hal yang Tidak Perlu

Kita terhubung dengan banyak orang, teman, dan kerabat dengan media sosial hanya untuk mengobrol dengan teman untuk melihat profil orang lain dan mengenal profil mereka. Meskipun itu tidak begitu penting bagi kita, kita masih terus berselancar di dunia maya melihat hal-hal yang tidak perlu di mesin pencari.

Teknologi telah menciptakan banyak perubahan hidup kita dan generasi masa depan, Teknologi memberikan kontribusi besar tentang bagaimana kita hidup hari ini. Cukup banyak segala sesuatu yang kita lakukan hari ini akan dilakukan berbeda dalam beberapa tahun mendatang. tetapi sekarang ini tergantung pada kita bagaimana menggunakannya dan tidak terlalu kecanduan Teknologi.

Scroll to Top