Wisata Alam Di Solo Ada Air Terjun Hingga Hutan Yang Indah

Wisata Alam Di Solo Ada Air Terjun Hingga Hutan Yang Indah – Wisata alam solo bisa jadi salah satu alternatif destinasi liburan yang menarik untuk di jelajahi. Selama ini, mungkin solo di kenal dengan wisata budaya ataupun kulinernya bukan.

Namun, siapa sangka ternyata kota Batik ini juga memiliki lanskap alam yang sangat indah dan sayang sekali untuk dilewatkan. Mulai dari taman, bukit hingga gua pun bisa kamu temukan disini.

Wisata Alam Di Solo Ada Air Terjun Hingga Hutan Yang Indah
Wisata Alam Di Solo Ada Air Terjun Hingga Hutan Yang Indah

Wisata Alam Di Solo Ada Air Terjun Hingga Hutan Yang Indah

Meskipun begitu, sejumlah tempat wisata alam di Solo masih belum banyak dijelajahi dan diketahui oleh wisatawan. Lalu, wisata alam mana saja yang menarik untuk dikunjungi saat berada di Solo?

Geopark Batu Seribu

Destinasi wisata alam di Solo yang pertama adalah Geopark Batu Seribu. Daya tarik utama dari wisata alam ini adalah sumber air yang konon tidak pernah kering meskipun saat musim kemarau. Sumber ini dinamakan sebagai Sumber Pacinan.

Nama Batu Seribu dipilih karena dulunya kawasan ini merupakan perbukitan batu cadas. Tak hanya ada sumber air, disini kamu juga bisa menggunakan area Geopark Batu Seribu sebagai wisata alam pada umumnya. Kamu bisa berkunjung ke kolam renang, pemandian mata air hingga panggung kesenian. Kawasan ini memiliki udara yang sejuk sehingga bisa membuat pengunjung betah.

Grojogan Sewu

Kalau kamu suka bermain di air terjun, maka wisata alam di Solo yang satu ini wajib masuk dalam budket list, yaitu Grojogan Sewu. Berlokasi di Tawangmangu, Karanganyar, Grojogan Sewu ini menjadi salah satu air terjun yang paling populer di Jawa Tengah.

Berada di lereng Gunung Lawu, kawasan wisata ini menawarkan pemandangan yang indah serta udara yang sejuk sehingga kamu akan betah berlama-lama disana. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke air terjun ini adalah saat pagi hari karena kamu bisa merasakan kesejukan air terjun di pagi hari dan bisa menghabiskan waktu lebih lama.

Taman Balekambang

Wisata alam di Solo yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Taman Balekambang. Taman ini berada di tengah kota Solo sehingga sangat mudah dijangkau dengan berbagai kendaraan.

Tak hanya memuaskan mata pecinta lingkungan, Taman Balekambang ini juga sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Selain bisa menikmati pemandangan alamnya, disini kamu akan menemukan beberapa lokasi menarik. Seperti bermain perahu atau mengunjungi taman yang berisi tanaman-tanaman langka. Setelah itu, kamu juga bisa menikmati aneka sajian kuliner yang ada di sekitar Taman Balekambang ini.

Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso

Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso atau yang biasa dikenal sebagai Tahura Ngargoyoso ini juga menjadi salah satu wisata alam di Solo yang menarik untuk dikunjungi. Tempat ini menjadi satu-satunya taman hutan raya yang berada di provinsi Jawa Tengah. Tak heran jika kawasan ini sangat dijaga kelestariannya.

Disini kamu tak hanya bisa menikmati keindahan alamnya, tapi juga bisa menginap di area perkemahan. Dengan begitu, pengalaman wisata kamu akan terasa semakin seru. Apalagi kawasan hutan rakyat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai sehingga bisa membuat pengunjung betah. Tak jarang, Tahura Ngargoyoso ini sering dijadikan sebagai acara sekolah.

Taman Hutan Raya KGPAA Mangkunagaro I

Wisata alam di Solo yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Taman Hutan Raya KGPAA Mangkunagaro I. Menariknya, kawasan wisata ini juga dijadikan sebagai area pendidikan, pariwisata serta rekreasi. Hal tersebut karena banyaknya hal yang bisa dipelajari di taman ini, seperti bunga, sumber mata air, berbagai spesies fauna hingga keberadaan candi.

Tahura ini berlokasi di kaki Gunung Lawu sehingga udaranya cukup sejuk. Untuk menjelajahinya, kamu hanya perlu membayar biaya asuransi sekitar Rp 1.000 saja. Selebihnya, kamu hanya perlu membayar parkir kendaraan sebesar Rp 3.000 untuk motor dan Rp Rp 5.000 untuk mobil.

Parang Ijo

Tak hanya ada Grojogan Sewu, wisata alam di Solo lainnya yang berupa air terjun adalah Parang Ijo. Berlokasi di Karanganyar, untuk menuju ke air terjun ini kamu hanya perlu menuruni beberapa anak tangga yang telah dibuat oleh pengelola setempat.

Kawasan air terjun ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti jembatan, gazebo serta gardu pandang yang akan menambah seru kunjungan kamu. Tak hanya fasilitas yang memadai, akses untuk menuju ke air terjun ini juga cukup mudah. Bahkan, ada transportasi umum yang menuju kawasan ini. Selain itu, kamu juga bisa mencoba melakukan berbagai aktivitas seru seperti bermain air, berenang hingga mencoba flying fox.

Scroll to Top