9 Gejala Penyakit Ginjal Stadium Awal Yang Perlu Diwaspadai

9 Gejala Penyakit Ginjal Stadium Awal Yang Perlu Diwaspadai

9 Gejala Penyakit Ginjal Stadium Awal Yang Perlu Diwaspadai – Ginjal adalah salah satu organ yang memiliki peran penting dalam tubuh manusia. Jika fungsi ginjal terganggu, maka dapat mengakibatkan resiko masalah kesehatan lain juga meningkat drastis.

Pasalnya, jika sudah mencapai tingkat kronis penyakit ginjal atau gagal ginjal sulit untuk di sembuhkan. Karena sangat penting sekali untuk menyadari gejala penyakit ganjal stadium awal agar segera dapat penanganan .

Penanangan sejak dini terhadap penyakit ginjal memiliki pengaruh yang cukup bagus dan juga besar terhadap kesembuhan penderitan ginjal. Namun hal ini hanya bisa di lakukan jika penderita. Namun hal ini hanya bisa dilakukan jika penderita menyadari gejalanya lebih awal. Berikut salah satu dari beberapa Gejala Penyakit Ginjal Stadium Awal Yang Perlu Diwaspadai :

Penyebab Penyakit Ginjal

Timbulnya penyakit ginjal dapat dipicu oleh berbagai faktor, mulai dari kondisi medis tertentu, seperti hipertensi dan diabetes, hingga faktor usia. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Hipertensi

Hipertensi (tekanan darah tinggi) merupakan kondisi di mana tekanan di dalam arteri yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh mengalami peningkatan. Hipertensi dapat memicu kerusakan pada ginjal karena ginjal sendiri berperan dalam mengontrol jumlah cairan di pembuluh darah dan mengendalikan tekanan darah.

2. Diabetes

Penderita diabetes diketahui memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ginjal. Pasalnya, diabetes dapat menyebabkan kerusakan sistem penyaringan pada ginjal. Tingginya kadar gula darah juga membuat ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring darah.

3. Faktor Usia

Penyakit ginjal sering terjadi pada orang yang berusia di atas 60 tahun.

4. Konsumsi Minuman yang Mengandung Zat Toksik

Berlebihan dalam mengonsumsi jamu-jamuan yang mengandung kortikosteroid atau minuman-minuman berenergi dan minuman yang mengandung zat berbahaya, seperti ethylene glycol, dapat meningkatkan risiko kerusakan ginjal yang dapat berujung pada gagal ginjal.

Gejala-Gejala Penyakit Ginjal Stadium Awal

Penyakit ginjal disebut juga dengan silent disease karena jarang menunjukkan gejala yang spesifik, sehingga banyak penderita tak menyadarinya. Bahkan, kondisi ini kerap baru disadari setelah kerusakan ginjal cukup parah. Padahal, jika tidak segera ditangani, kondisi ini bisa membahayakan.

Agar lebih waspada, berikut adalah beberapa gejala penyakit ginjal stadium awal yang perlu diketahui.

1. Mual

Salah satu gejala penyakit ginjal stadium awal yang cukup umum dialami adalah mual. Penyebab mual pada penderita penyakit ginjal pun berbeda-beda, bisa karena uremia, gangguan otot lambung, ulkus, GERD, atau efek samping obat-obatan.

2. Mudah Lelah dan Lemas

Mudah lelah dan lemas adalah gejala penyakit ginjal stadium awal yang cukup umum namun sering diabaikan. Mudah lelah, pusing, dan lemas pada penderita disebabkan oleh penumpukan racun dalam darah karena tidak tersaring dengan baik oleh ginjal. Selain itu, keluhan ini juga disebabkan oleh rendahnya produksi sel darah merah akibat penurunan produksi hormon oleh ginjal, sehingga pasien mengalami anemia.

3. Kesulitan Bernapas

Kesulitan bernapas juga sering berkaitan dengan gejala penyakit ginjal stadium awal. Hal ini dikarenakan adanya cairan berlebihan dalam tubuh yang menumpuk di paru-paru karena ginjal tidak berfungsi dengan baik.

4. Tekanan Darah Meningkat

Gejala lain dari penyakit ginjal stadium awal adalah meningkatnya tekanan darah. Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa menjadi pemicu penyakit ginjal, namun juga dapat terjadi karena gangguan pada ginjal. Hal ini dikarenakan kemampuan ginjal untuk menyaring racun terus menurun. Selain itu, tidak seimbangnya kadar cairan dan mineral dalam tubuh juga bisa menjadi penyebabnya.

5. Pembengkakan pada Kaki

Penyakit ginjal dapat menyebabkan pembengkakan (edema) pada kaki dan betis. Gejala penyakit ginjal stadium awal ini terjadi karena penumpukan sodium di kaki dan betis.

6. Lebih Sering Buang Air Kecil

Peningkatan frekuensi buang air kecil, terutama di malam hari juga bisa menjadi salah satu gejala awal penyakit ginjal. Keinginan untuk buang air kecil lebih sering disebabkan oleh ginjal yang tak bisa melakukan penyaringan dengan baik.

7. Urine Tidak Normal

Normalnya, warna urine yang sehat adalah jernih atau kuning. Jika urine berwarna kemerahan karena disertai darah dan juga berbusa, maka hal tersebut perlu diwaspadai. Busa dalam urine menandakan adanya kandungan protein yang tinggi di dalam urine.

Sementara itu, keluarnya darah bersama urine tidak selamanya menandakan penyakit ginjal. Namun jika urine berdarah (hematuria) dibarengi dengan busa, maka sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter.

8. Penurunan Berat Badan

Gejala penyakit ginjal stadium awal berikutnya adalah penurunan berat badan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh rasa mual serta hilangnya nafsu makan. Pasalnya, ketika ginjal sudah tidak berfungsi dengan baik, tubuh akan mengalami uremia yang menyebabkan saat makanan masuk ke mulut terasa berbeda seperti logam. Hal ini pun membuat penderita tidak selera makan dan mengalami penurunan berat badan.

9. Kulit Menjadi Kering dan Gatal

Salah satu fungsi ginjal adalah menyaring racun dan kelebihan cairan dalam tubuh. Organ ini juga memastikan asupan mineral dalam darah terpenuhi. Ketika ginjal terganggu, asupan mineral dalam darah akan berkurang. Akibatnya, kulit terasa gatal dan kering.

Itulah informasi seputar gejala penyakit ginjal stadium awal yang perlu diwaspadai. Apabila Anda merasakan gejala-gejala di atas, segera kunjungi Siloam Hospitals terdekat untuk mendapat diagnosis dan penanganan yang tepat dari dokter spesialis kami.

Untuk penanganan lebih lanjut terhadap gangguan urologi, Anda dapat mengunjungi Siloam Hospitals Asri yang telah dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih untuk memberikan layanan bedah terkait gangguan prostat, tumor urothelium, batu ginjal, ataupun keluhan urologi lainnya.

Scroll to Top