11 Penyebab Kedutan Mata Kiri Atas Menurut Medis

11 Penyebab Kedutan Mata Kiri Atas Menurut Medis

11 Penyebab Kedutan Mata Kiri Atas Menurut Medis – Anda pasti sudah sering mendengar mitos mengenai arti kedutan mata kiri atas, entah itu berkaitan dengan rezeki, kejadian yang baik, atau hal lainnya. Padahal, penyebab kondisi ini memiliki penjelasan tersendiri menurut medis.

Sebelum membahas penyebabnya, ketahui dulu apa arti mata kedutan kiri atas. Kedutan mata kiri atas adalah kondisi ketika kelopak mata kiri atas bergerak di luar kendali tubuh secara terus-menerus. 

Kedutan mata kiri atas dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti mata lelah, stres, alergi, hingga konsumsi obat-obatan tertentu. Simak penjelasan berikut ini untuk memahami apa saja penyebab kedutan mata kiri atas secara medis.

Penyebab Kedutan Mata Kiri Atas Menurut Medis

Kedutan mata kiri atas dapat menjadi salah satu tanda adanya masalah tertentu yang mengakibatkan kejang otot dan saraf di sekitar mata. Kondisi ini dapat terjadi selama berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kedutan mata kiri atas. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Mata Lelah

Penyebab kedutan mata kiri atas yang pertama adalah kelelahan pada mata. Mata lelah dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti terlalu lama menatap ponsel, membaca buku dengan durasi lama, atau menghadap laptop seharian saat bekerja. Untuk mengatasinya, Anda dapat beristirahat lebih awal pada malam hari sehingga mata dapat beristirahat secara optimal.

2. Stres

Selain gangguan pada fisik, rupanya masalah mental seperti stres juga bisa menjadi penyebab kedutan mata kiri atas. Saat dalam kondisi stres, otot-otot dan saraf di sekitar tubuh dapat menegang secara berlebihan, termasuk mata. Itulah mengapa stres dapat memicu kedutan pada mata. Gejala ini akan berangsur menghilang seiring berkurangnya rasa stres yang Anda alami.

3. Mata Kering

Kedutan mata kiri atas juga bisa disebabkan oleh kondisi mata yang kering, di mana salah satu penyebabnya adalah terlalu lama menatap layar ponsel. Mata kering membuat Anda secara tidak sadar sering mengedipkan mata untuk menjaga kelembapan mata. Kedipan yang terlalu intens dapat memicu saraf di sekitar mata untuk berkedut.

4. Ketidakseimbangan Nutrisi

Kedutan mata kiri atas menurut medis juga bisa terjadi karena ketidakseimbangan nutrisi. Kekurangan vitamin B dan cairan dapat menyebabkan otot dan saraf di sekitar mata terganggu hingga mengalami kedutan.

5. Alergi

Alergi pada mata sering kali menimbulkan rasa gatal. Saat mengalaminya, tentu Anda akan sering mengusap mata untuk menghilangkan rasa tidak nyaman akibat gatal. Mengusap mata secara berlebihan dapat memicu keluarnya histamin yang berpotensi mengiritasi mata, iritasi berlebih ini ditandai dengan kedutan mata. Alih-alih mengusap mata, Anda dapat menggunakan obat tetes atau memeriksakan mata ke dokter guna mengatasi masalah alergi tersebut.

6. Mengonsumsi Obat Tertentu

Kedutan mata kiri atas menurut medis juga bisa dikarenakan oleh efek samping penggunaan obat-obatan tertentu seperti obat golongan antipsikotik dan antiepileptic. Oleh karenanya, segera konsultasikan kepada dokter apabila Anda merasakan gejala yang tidak nyaman setelah mengonsumsi obat-obatan tersebut.

Agar lebih praktis, Anda dapat menggunakan layanan telekonsultasi dari Siloam Hospitals yang bisa diakses melalui aplikasi MySiloam. Layanan ini memungkinkan Anda bertemu dengan dokter secara online untuk berdiskusi tentang keluhan Anda.

7. Mengonsumsi Kafein Secara Berlebihan

Mengonsumsi kafein secara berlebihan juga bisa memicu mata kedutan. Kafein dapat memengaruhi sistem saraf menjadi lebih aktif, sehingga menyebabkan kelopak mata berkedut. Maka dari itu, batasi asupan kafein harian Anda demi mencegah terjadinya kedutan yang berkelanjutan.

8. Penyakit Parkinson

Penyakit parkinson merupakan masalah sistem saraf yang menyebabkan penderitanya mengalami gangguan pergerakan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan tremor pada anggota tubuh tertentu, kekakuan, dan keterlambatan gerak.

Kedutan mata kiri atas yang berlangsung dalam waktu lama kemungkinan menjadi salah satu gejala penyakit parkinson. Namun, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan gejala ini.

9. Bell’s palsy

Bell’s palsy adalah kondisi di mana otot-otot pada wajah mengalami kelumpuhan. Kondisi ini dapat terjadi ketika saraf yang mengontrol otot-otot wajah bengkak atau meradang. Kedutan mata kiri atas dapat diwaspadai sebagai tanda penyakit bell’s palsy. Gejala lain yang mungkin muncul adalah nyeri kepala, kedutan wajah, kesulitan untuk makan, dan gangguan bicara.

10. Distonia

Distonia adalah gangguan kontraksi otot yang menyebabkan gerakan berulang, termasuk pada otot mata. Otot mata yang terpengaruh oleh distonia dapat menimbulkan kedutan mata kiri atas selama berhari-hari. Distonia tidak memicu rasa nyeri pada tubuh, tetapi kondisi ini bisa mengganggu aktivitas penderitanya.

11. Merokok dan Minum Alkohol

Sama halnya dengan kafein, merokok dan minuman beralkohol juga dapat menyebabkan otot pada tubuh menjadi tegang. Kandungan kafein pada alkohol dan zat kimia pada asap rokok berpotensi memicu ketegangan pada saraf kelopak mata sehingga terjadi kedutan pada mata.

Cara Mengatasi Kedutan Mata Sebelah Kiri

Kedutan pada mata umumnya tidak membutuhkan penanganan secara medis karena dapat hilang dengan sendirinya. Namun, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini untuk mengurangi sensasi mata berkedut:

1. Mengompres Mata

Salah satu penyebab kedutan mata kiri atas adalah mata lelah. Anda dapat meredakan gejala tersebut dengan mengompres area mata menggunakan kain bersih yang telah direndam air hangat sebelumnya. Lakukan cara ini menjelang tidur agar mata menjadi lebih rileks.

2. Tidur Lebih Awal

Kedutan mata kiri atas akibat mata lelah juga bisa diatasi dengan tidur lebih awal. Kondisi ini biasanya dialami oleh orang-orang yang mengalami insomniaCobalah untuk mulai memejamkan mata setidaknya 10-15 menit lebih awal dari jam tidur normal Anda. Anda pun dapat memutar musik pengiring tidur untuk merelaksasi pikiran dan mengurangi rasa stres yang Anda alami guna membantu tidur.

3. Pijat Refleksi

Pijatan refleksi bertujuan untuk melemaskan otot-otot yang tegang dan kaku. Lakukan dengan memijat lembut area alis dengan gerakan memutar selama beberapa menit hingga otot mata menjadi rileks.

4. Konsultasi ke Dokter

Kedutan pada mata umumnya bukan kondisi yang mengkhawatirkan. Akan tetapi jika kedutan pada mata berlangsung terus menerus dan tidak membaik setelah menerapkan beberapa cara di atas, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. 

Scroll to Top