Cara Mengatasi Keringat Dingin Karena Asam Lambung

Cara Mengatasi Keringat Dingin Karena Asam Lambung

Cara Mengatasi Keringat Dingin Karena Asam Lambung – Keringat dingin adalah salah satu gejala yang bisa muncul saat seseorang sedang terserang asam lambung. Gejala ini sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman karena kerap terjadi meski penderitanya tidak merasa gerah.

Namun, ada beberapa cara mengatasi keringat dingin karena asam lambung yang dapat dilakukan, salah satunya yaitu mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Lantas, apa yang membuat munculnya keringat dingin saat asam lambung? Mari simak penjelasan selengkapnya di sini.

Penyebab Keringat Dingin saat Asam Lambung Naik

Asam lambung naik atau refluks asam lambung adalah kondisi ketika aliran asam lambung naik ke esofagus (kerongkongan), sehingga menimbulkan rasa terbakar di ulu hati (heartburn), mual, dan nyeri perut.

Lantas, bagaimana keringat dingin saat asam lambung naik bisa terjadi? Sebetulnya, belum diketahui secara pasti apa hubungan antara keringat dingin dan naiknya asam lambung. Namun, hal ini diduga karena respon tubuh terhadap ancaman atau efek dari asam lambung naik, seperti rasa nyeri.

Keringat dingin cenderung terjadi ketika gejala penyakit asam lambung terjadi secara tiba-tiba atau di saat yang tidak tepat, misalnya saat berada di tempat umum. Selain merasakan nyeri, kondisi ini biasanya juga menimbulkan rasa cemas, sehingga muncul keringat dingin.

Kambuhnya penyakit asam lambung yang disebabkan oleh telat makan juga bisa menimbulkan keringat dingin. Pasalnya, saat telat makan dalam waktu lama, asam lambung akan naik dan kadar gula darah menurun. Akibatnya, kepala menjadi pusing dan timbul keringat dingin.

Adakah Faktor Lain yang Dapat Memicu Keringat Dingin?

Selain beberapa hal di atas, sejumlah faktor lain pemicu keluarnya keringat dingin saat asam lambung naik adalah:

  • Kehamilan.
  • Stres.
  • Makan tidak teratur.
  • Mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Mengonsumsi minuman berkafein dan bersoda.
  • Mengonsumsi makanan berminyak, berlemak, asam, dan pedas.
  • Mengonsumsi makanan dengan porsi berlebih.
  • Infeksi virus atau bakteri.

Cara Mengatasi Keringat Dingin karena Asam Lambung

Keringat dingin yang muncul karena asam lambung sering kali membuat penderita merasa gelisah hingga mengalami gangguan tidur, sehingga perlu segera diatasi. Berikut beberapa cara mengatasi keringat dingin karena asam lambung yang bisa dilakukan.

1. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Cara mengatasi keringat dingin karena asam lambung yang pertama adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Pasalnya, keluarnya keringat dingin saat asam lambung naik berisiko menyebabkan dehidrasi karena hilangnya cairan tubuh.

Namun, tak jarang penderita penyakit asam lambung kesulitan untuk sekadar minum karena merasa mual. Solusinya, cobalah minum air hangat sedikit demi sedikit namun sering. Hindari pula minuman asam atau manis berlebih karena dapat menyebabkan gejala memburuk.

2. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Mengenakan pakaian yang nyaman juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi keringat dingin karena asam lambung. Ketika berkeringat, tubuh pasti akan terasa lengket dan membuat pakaian basah, sehingga tak nyaman dikenakan.

Oleh sebab itu, saat keluar keringat dingin akibat asam lambung, usahakan untuk mengenakan pakaian yang menyerap keringat, seperti pakaian berbahan katun. Hindari penggunaan pakaian yang tebal karena dapat menyebabkan keringat semakin banyak.

3. Berkonsultasi dengan Dokter

Cara mengatasi keringat dingin karena asam lambung berikutnya adalah dengan berkonsultasi dengan dokter, terutama jika gejala ini tak kunjung membaik dan semakin mengganggu. Saat berkonsultasi, dokter biasanya akan memberikan resep obat sakit lambung untuk mengatasi keluhan pasien.

4. Menjalani Prosedur Pengecilan Lambung 

Prosedur pengecilan lambung adalah tindakan medis yang dilakukan ketika penyakit lambung, seperti GERD tak kunjung sembuh dan sangat mengganggu. Pada prosedur ini, ukuran lambung akan dibuat mengecil, sehingga daya tampung makanannya juga menjadi lebih kecil.

5. Mencegah Asam Lambung Kambuh Kembali

Cara mengatasi keringat dingin karena asam lambung yang paling efektif adalah dengan mencegah masalah asam lambung naik kambuh kembali. Beberapa upaya pencegahan naiknya asam lambung, antara lain:

  • Hindari minum saat makan agar perut tidak terasa penuh.
  • Memperhatikan jam makan yang baik untuk penderita asam lambung.
  • Membatasi konsumsi makanan tinggi lemak.
  • Hindari minuman beralkohol, berkafein, atau bersoda.
  • Duduk dengan tegak dan rileks saat makan.
  • Makan dalam porsi sedikit namun sering.
  • Menghindari makanan penyebab asam lambung naik, seperti makanan asam dan pedas.

Pada umumnya, gejala asam lambung memang kerap membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Bila Anda mengalami gejala keringat dingin yang berlarut-larut, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Segera kunjungi Siloam Hospitals terdekat di kota Anda untuk mendapatkan perawatan secara langsung dari tim medis kami. Gunakan fitur Cari Dokter guna melihat informasi mengenai jadwal dokter sekaligus membuat janji temu dengan dokter terkait.

Cara Mengatasi Keringat Dingin Karena Asam Lambung

Kalau kamu mengalami asam lambung naik sampai keluar keringat dingin, maka hal yang perlu kamu atasi adalah kondisi asam lambungnya.

Apa yang harus dilakukan jika keringat dingin karena asam lambung? Tenang, berikut ini beberapa caranya:

  • Minum obat sakit lambung, selang beberapa waktu barulah makan dalam porsi kecil dan beristirahat
  • Prosedur pengecilan lambung, bila sakit lambung khususnya GERD terus-menerus muncul dan sangat mengganggu

Ukuran lambung akan dibuat mengecil, sehingga area penyerapan makanan dan daya tampung lebih sedikit. Metode ini juga mampu menurunkan risiko penyakit yang berhubungan dengan berat badan berlebih, seperti GERD.

Agar masalah lambung tidak terjadi lagi, terapkan beberapa tips berikut ini:

  • Hindari makan berlebihan
  • Tidak minum ketika makan, sebab dapat membuat perut tak nyaman dan penuh
  • Hindari minuman kafein dan bersoda, serta makanan tinggi lemak dan gula
  • Hindari roti putih, serta makanan yang digoreng dan tinggi kalori

Jangan kaget, ya, kalau muncul keringat dingin saat asam lambung naik. Cepat atasi keluhan asam lambung agar aktivitas jalan terus!

Scroll to Top