Viral Bocah 13 Tahun Punya Perusahaan IT, Sudah Miliki 6 Karyawan!

Viral Bocah 13 Tahun Punya Perusahaan IT, Sudah Miliki 6 Karyawan! – Anak muda memang diminta untuk membuat bisnis sendiri, ketimbang harus bekerja pada orang lain. Tapi, ada baiknya sebelum memulai bisnis kita menamatkan pendidikan terlebih dahulu.

Tapi, belakangan beredar sebuah video tentang seorang anak berusia 13 tahun yang memiliki sebuah perusahaan. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan, karena anak anak dibawah 18 tahun tidak dapat menjalankan perusahaan secara legal didaratan.

Video viral itu di posting di Douyin oleh seorang guru sekolah menengah dari kotamadya Chongqing dibarat daya China. Kala itu, dia menugaskan siswanya untuk membuat pekerjaan rumah tentang teman sekelas yang mereka anggap berprestasi dan sukses.

Namun, guru tersebut terkejut ketika beberapa siswa memilih teman sekelas yang katanya sudah menjalankan perusahaan, lapor Red Star News seperti dikutip oleh SCMP.

Guru, yang bermarga Bai, bertanya kepada murid-muridnya dalam video: “Saya dengar salah satu dari kalian adalah bos yang memiliki perusahaan. Siapa itu?”

Semua siswa menoleh untuk melihat seorang remaja laki-laki yang memakai kacamata dan masker wajah.

“Ini kamu, Bos Chen,” kata guru itu kepada anak laki-laki itu. “Bisnis apa yang digeluti perusahaan Anda?”

“Teknologi internet,” jawab bocah itu, yang menambahkan bahwa perusahaannya memiliki lima hingga enam karyawan.

Bocah itu menjawab ya ketika Bai bertanya apakah dia membayar pekerjanya. “Betapa luar biasanya kamu!” kata Bai.

Cerita itu tidak mengungkap latar belakang bagaimana remaja itu bisa menjalankan perusahaan dengan staf bayaran saat masih duduk di bangku sekolah menengah.

Banyak pengguna internet terpesona oleh video Bai, yang telah dilihat 26 juta kali di Weibo dan 10 juta kali di Douyin.

“Dia bisa mengajukan Rekor Dunia Guinness sekarang sebagai bos termuda di dunia,” canda seseorang.

“Ketika pelanggannya bertanya kepada karyawannya, ‘Mana bosmu?’, karyawannya pasti menjawab, ‘Dia akan datang setelah sekolah selesai jam 5 sore’,” komentar seseorang.

Komentator online lainnya berkata: “Bos ini terlihat baik. Saya bertanya-tanya apakah perusahaannya memiliki lowongan karena saya ingin melamar pekerjaan di sana.”

Video tersebut juga menimbulkan kontroversi di China, di mana kepala hukum sebuah bisnis harus berusia minimal 18 tahun. Sekolah tempat siswa ini belajar pun tengah menyelidiki klaim bocah itu.

“Dia jelas bukan pemilik resmi sebuah perusahaan, dan tidak mungkin dia menjadi seperti itu. Kami masih berusaha untuk mendapatkan rincian lebih lanjut,” kata juru bicara sekolah.

Media daratan lokal baru-baru ini melaporkan beberapa mahasiswa yang memulai bisnis mereka sendiri di waktu luang mereka. Pada bulan Maret, seorang mahasiswa PhD di China barat daya mengungkapkan secara online bahwa dia telah memperoleh lebih dari 1 juta yuan (USD144.000) dari menjual makanan ringan, buku bekas, dan produk pertanian selama studi gelar sarjana empat tahunnya.

Sebuah video yang lantas menjadi viral diposting di Douyin, oleh seorang guru sekolah menengah, Chongqing, barat daya Tiongkok, tentang seorang anak berusia 13 tahun yang memiliki sebuah perusahaan.

Kala itu, melansir Wionews, guru bermarga Bai tadi menugaskan siswanya untuk membuat pekerjaan rumah tentang teman sekelas yang mereka anggap berprestasi dan sukses. Bai terkejut ketika beberapa siswa memilih teman sekelas yang katanya sudah menjalankan perusahaan. Masih dalam video tersebut, tampak Bai bertanya kepada murid-muridnya.

“Saya dengar salah satu dari kalian adalah bos yang memiliki perusahaan. Siapa itu?”

Semua siswa menoleh untuk melihat seorang remaja laki-laki yang memakai kacamata dan masker wajah. “Ini kamu, Bos Chen,” kata Bai sembari menunjuk seorang remaja laki-laki. “Bisnis apa yang digeluti perusahaan Anda?”

“Teknologi internet,” jawab remaja yang tak disebutkan namanya itu, dan menambahkan bahwa perusahaannya memiliki lima hingga enam karyawan. Bocah itu menjawab ‘Ya’ ketika Bai bertanya apakah dia membayar pekerjanya. “Betapa luar biasanya kamu!” kata Bai.

Cerita itu tidak mengungkap latar belakang bagaimana remaja itu bisa menjalankan perusahaan dengan staf bayaran saat masih duduk di bangku sekolah menengah. Banyak pengguna internet terpesona oleh video Bai, yang telah dilihat 26 juta kali di Weibo dan 10 juta kali di Douyin.

“Dia bisa mengajukan Rekor Dunia Guinness sekarang sebagai bos termuda di dunia,” canda netizen. “Ketika pelanggannya bertanya kepada karyawannya, ‘Mana bosmu?’, karyawannya pasti menjawab, ‘Dia akan datang setelah sekolah selesai jam 5 sore’,” sambung netizen lain.

Di sisi lain, video tersebut juga menimbulkan kontroversi di Tiongkok, di mana kepala hukum sebuah bisnis harus berusia minimal 18 tahun. Sekolah tempat siswa ini belajar pun tengah menyelidiki klaim bocah tersebut.

“Dia jelas bukan pemilik resmi sebuah perusahaan, dan tidak mungkin dia menjadi seperti itu. Kami masih berusaha untuk mendapatkan rincian lebih lanjut,” kata juru bicara sekolah.

Keren juga ya.. Kecil kecil sudah jadi pengusaha muda.. Coba anda berpikir jalan sekolah dia dan sampai dia lulus sudah jadi orang sukses loh. Mari coba untuk berpikir jadi pengusaha muda.

Scroll to Top