8 Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Yang Mudah Dan Efektif

8 Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Yang Mudah Dan Efektif

8 Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Yang Mudah Dan Efektif – Batuk berdahak merupakan kondisi yang terjadi ketika tubuh memproduksi lendir atau dahak dalam jumlah banyak pada saluran pernapasan. Kondisi ini kerap menyebabkan tenggorokan terasa gatal yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk mengatasinya, terdapat beberapa cara menghilangkan batuk berdahak yang bisa dilakukan dengan mudah, seperti minum air putih hangat, berkumur dengan air garam, hingga mandi menggunakan air hangat. Mari kenali cara mengatasi batuk berdahak selengkapnya melalui artikel di bawah ini.

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak yang Mudah Dilakukan

Batuk berdahak adalah gangguan kesehatan yang umum terjadi dan ditandai dengan batuk disertai lendir kental. Batuk berdahak disebabkan oleh virus atau bakteri yang menginfeksi saluran pernapasan.

Meski umum terjadi, kondisi ini dapat menyebabkan tenggorokan terasa gatal sehingga perlu ditangani dengan tepat. Bila masih tergolong ringan, ada beberapa cara mengobati batuk berdahak yang bisa Anda coba lakukan di rumah, di antaranya:

1. Minum Air Putih Hangat

Cara meredakan batuk berdahak yang pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih hangat. Minum air putih hangat diketahui mampu mengencerkan dahak yang menempel di belakang tenggorokan sehingga menjadi lebih mudah dikeluarkan. Konsumsi air putih hangat juga dapat mengurangi refleks batuk yang mengganggu di tenggorokan.

Selain itu, cara menghilangkan batuk berdahak satu ini juga mampu membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang turut meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan begitu, proses pemulihan tubuh dari infeksi bakteri atau virus penyebab batuk berdahak bisa berjalan dengan optimal.

2. Berkumur dengan Air Garam

Cara menghilangkan batuk berdahak berikutnya yaitu dengan berkumur menggunakan air garam. Berkumur menggunakan air garam diketahui mampu mengencerkan gumpalan dahak di belakang tenggorokan dengan efektif.

Selain itu, berkumur dengan air garam juga dapat membantu membersihkan bakteri yang ada di dalam mulut dan tenggorokan sehingga turut mempercepat proses pemulihan batuk berdahak.

Untuk melakukan cara menghilangkan batuk berdahak ini, Anda bisa mencampurkan ½ sendok teh garam beryodium ke dalam segelas air hangat. Lalu, berkumurlah menggunakan larutan garam tersebut selama beberapa menit tanpa menelannya. Lakukan cara ini secara rutin sebanyak 3–4 kali dalam sehari hingga batuk berdahak mereda.

3. Mengonsumsi Madu

Madu telah dikenal sebagai bahan alami yang mampu membantu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, tidak terkecuali pada batuk berdahak. Hal ini dikarenakan madu mengandung bahan bersifat antibakteri dan antiradang sehingga mampu meredakan rasa gatal di tenggorokan akibat gumpalan dahak.

4. Tidur yang Cukup

Sebagai upaya mempercepat proses penyembuhan batuk berdahak, Anda dianjurkan untuk mencukupi waktu tidur, yaitu minimal 8–9 jam setiap malam. Pasalnya, mencukupi waktu istirahat turut membantu mengoptimalkan sistem imun tubuh dalam melawan infeksi virus dan bakteri penyebab batuk berdahak.

Untuk mencegah menumpuknya dahak di tenggorokan, Anda dapat tidur dengan posisi kepala lebih tinggi menggunakan bantal tambahan. Namun, hindari menumpuk bantal secara berlebihan karena hal tersebut justru dapat menyebabkan nyeri leher.

5. Mengonsumsi Buah Nanas

Mengonsumsi buah nanas menjadi cara menghilangkan batuk berdahak yang mudah dan efektif berikutnya. Buah nanas mengandung enzim bromelain yang bersifat mukolitik sehingga dapat membantu memecah dan mengencerkan lendir yang menumpuk di tenggorokan.

Selain itu, enzim bromelain dalam buah nanas ini juga memiliki sifat antiinflamasi sehingga mampu mencegah dan mengobati radang tenggorokan karena batuk berdahak dalam jangka waktu lama.

6. Mandi dengan Air Hangat

Mandi menggunakan air hangat bisa dilakukan untuk meredakan batuk berdahak karena uap air hangatnya dapat membantu mengencerkan dahak serta melegakan tenggorokan. Selain membantu mengencerkan dahak, mandi menggunakan air hangat juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks serta meredakan rasa nyeri akibat batuk berkepanjangan.

7. Menggunakan Humidifier

Selain mandi dengan air hangat, Anda juga dapat menggunakan humidifier untuk menjaga kelembapan udara sebagai cara menghilangkan batuk berdahak. Pasalnya, pelembap udara ini turut membantu mengurangi produksi lendir di dalam tenggorokan yang bisa memperburuk batuk berdahak.

8. Mengonsumsi Obat-Obatan

Bila telah melakukan cara alami di atas namun batuk berdahak tidak kunjung mereda, Anda dapat mengonsumsi obat khusus untuk batuk berdahak sesuai dengan anjuran dokter. Adapun dua jenis obat yang umum digunakan untuk meredakan batuk berdahak adalah sebagai berikut:

  • Mukolitik, seperti ambroxol dan bromhexine. Obat ini bekerja dengan mengencerkan dahak agar mudah dikeluarkan. Namun, perlu diperhatikan penggunaannya pada pasien anak.
  • Ekspektoran, seperti guaifenesin dan potassium iodide. Ekspektoran berfungsi untuk mengencerkan dahak yang menyumbat saluran pernapasan.

Di samping menerapkan cara seperti ulasan di atas, ada baiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi tubuh. Oleh karenanya, jangan ragu untuk mengunjungi Siloam Hospitals terdekat guna memperoleh diagnosis serta penanganan medis yang tepat dari dokter kami.

Scroll to Top