Destinasi Wisata Kalimantan Utara Dengan Oleh-Oleh Khasnya

Destinasi Wisata Kalimantan Utara Dengan Oleh-Oleh Khasnya – Kalimantan Utara merupakan sebutan bagi salah satu Provinsi di Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Saat berlibut ke kawasan kalimantan utara, kamu tidak hanya dapat mengunjungi banyaknya destinasi wisata.

Tetapi juga dapat memutuskan untuk berburu Oleh-oleh sebelum pulang. Karena terdapat banyak pilihan oleh-oleh khas kalimantan utara yang wajib kamu ketahui.

Destinasi Wisata Kalimantan Utara Dengan Oleh-Oleh Khasnya
Destinasi Wisata Kalimantan Utara Dengan Oleh-Oleh Khasnya

Destinasi Wisata Kalimantan Utara Dengan Oleh-Oleh Khasnya

Berikut ini adalah penjelasan mengenai Oleh-Oleh khas kalimantan Utara yang bisa kamu jadikan referensi ketika berkunjung ke Kalimantan Utara.

Ikan Asin Pipih

Saat berlibur ke kawasan Kalimantan Utara, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu oleh-oleh sebelum pulang. Salah satu oleh-oleh khas Kalimantan Utara yang dapat kamu bawa pulang adalah ikan asin pipih. Sesuai dengan sebutannya, ikan yang satu ini telah diawetkan dengan cara diasinkan. Bentuk ikan yang khas yakni pipih juga menjadi keunikan tersendiri.

Ikan asin pipih dibuat menggunakan ikan pepija yakni jenis ikan duri lunak disukai oleh masyarakat Kalimantan Utara. Selain banyak diburu untuk dinikmati langsung, ikan asin pipih juga banyak diburu sebagai oleh-oleh.

Ikan yang satu ini dinilai mampu bertahan lama dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 25.000,-. Kamu dapat mengolah ikan asin pipih untuk dinikmati bersama dengan nasi hangat. Setelah mencobanya, dijamin kamu akan dibuat ketagihan.

Kaltara Fried Crab

Jika beberapa dari kamu sudah tidak asing dengan sebutan fried chicken, tetapi pernahkah kamu mengetahui jajanan fried crab? Fried crab merupakan jajanan yang sekaligus banyak diburu sebagai oleh-oleh khas Kalimantan Utara. Sesuai dengan sebutannya, jajanan yang satu ini merupakan olahan kepiting soka yang diolah dengan cara digoreng.

Kamu dapat menikmati olahan kepiting soka bersama dengan cangkangnya. Sebelum digoreng, kepiting terlebih dahulu dibersihkan dan dibalur dengan tepung bercampur wijen. Untuk menikmatinya, kamu perlu menyiapkan biaya kurang lebih Rp 90.000,-. Harga tersebut termasuk murah, ingat bahan baku kepiting soka yang sudah sangat mahal.

Kamu dapat membeli fried crab di berbagai toko oleh-oleh maupun toko jajanan di Kalimantan Utara. Biasanya fried crab dijual dengan kondisi setengah matang dan dapat digoreng kembali hingga matang saat akan dikonsumsi. Makanan yang satu ini juga dapat disimpan dalam freezer sehingga mampu bertahan cukup lama. Cita rasanya yang gurih dan lezat menjadikan fried crab banyak disukai baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Dodol Rumput Laut

Saat berkunjung ke Kalimantan Utara, kamu akan menjumpai banyaknya olahan rumput laut yang dapat dikonsumsi, salah satunya adalah dodol rumput laut. Makanan yang satu ini juga banyak diburu sebagai oleh-oleh khas Kalimantan Utara untuk dibawa pulang. Selain lezat, dodol rumput laut juga dikenal kaya akan nutrisi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Padahal rumput laut dapat kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Kalimantan Utara. Biasanya, jajanan yang satu ini dikemas dengan kemasan yang praktis dan menarik. Kamu juga dapat membelinya dengan harga yang terbilang cukup terjangkau.

Dodol rumput laut sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah. Rasanya yang manis serta tampilannya yang berwarna-warni menjadikan dodol ini sayang untuk kamu lewatkan.

Sate Temburung

Diantara banyaknya pilihan oleh-oleh khas Kalimantan Utara, sate temburung menjadi salah satu yang unik dan menarik untuk kamu coba. Sate yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama berupa tempurung, yakni hewan laut sejenis kerang.

Yang membedakan temburung dengan kerang lainnya adalah bentuk cangkangnya yang melingkar seperti terompet. Selain cocok untuk dikonsumsi langsung saat berada di Kalimantan Utara, sate temburung juga banyak diburu sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Cita rasanya yang lezat serta tekstur dagingnya yang khas akan membuatmu ketagihan setelah mencobanya.

Sate temburung biasanya dikonsumsi saat malam pergantian tahun baru. Saat berkunjung ke Kalimantan Utara, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk berburu dan mencoba lezatnya satu temburung.

Scroll to Top