Destinasi Kuliner Legendaris Ketika Di India

Destinasi Kuliner Legendaris Ketika Di India – Kolkata adalah kota terbesar di India setelah New Delhi dan Mumbai. Kota ini menjadi ibukota dari Negara bagian West Bengal yang mana disana Etnis Bengali lebih dominan daripada Hindi.

Selain menjadi ibukota, Kolkata juga dikenal sebagai kota bisnis, pendidikan serta budaya. Tak hanya itu, Kolkata juga memiliki sederet tempat wisata menarik yang banyak dikunjungi wisatawan.

Destinasi Kuliner Legendaris Ketika Di India
Destinasi Kuliner Legendaris Ketika Di India

Destinasi Kuliner Legendaris Ketika Di India

Selain bisa berwisata, mencicipi kuliner khas Kolkata juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Jika kamu tertarik untuk berwisata kuliner disana, berikut ini adalah penjelasan beberapa jenis kuliner legendaris yang ada di Dunia

Macher Jhol

Macher Jhol atau yang dikenal sebagai fish curry ini merupakan salah satu kuliner legendaris di Kolkatta yang wajib kamu coba. Tak hanya legendaris, sajian ini juga cukup terkenal dan menjadi makanan favorit masyarakat setempat dan wisatawan.

Sesuai dengan namanya, sajian yang satu ini dibuat dengan bahan dasar ikan. Macher Jhol merupakan kari ikan tradisional yang dicampur dengan ragam sayuran, seperti kentang dan tomat. Kuliner ini memiliki rasa pedas karena diberi bumbu rempah-rempah yang beragam, seperti bawang putih, bawang merah, jahe, dan kunyit dan biasa dinikmati dengan nasi.

Mishti Doi

Kuliner legendaris di Kolkatta yang wajib kamu cicipi selanjutnya adalah Mishti Doi. Mishti Doi ini merupakan hidangan penutup atau dessert yang memiliki rasa manis, sehingga sangat cocok bagi kamu yang menyukai kudapan manis.

menjadi salah satu sajian yang cukup terkenal dan banyak digemari di Kolkatta. Mishti Doi adalah yogurt fermentasi manis yang berasal dari Benggala. Dessert ini sudah ada sejak beberapa decade terakhir dan masih populer sampai saat ini. Kamu bahkan bisa menemukan Mishti Doi di seluruh toko di India dalam bentuk kemasan. Namun saat berkunjung kesana sempatkan untuk mencoba Mishti Doi yang masih segar di salah satu toko pernjual dessert.

Luchi

Luchi juga menjadi salah satu kuliner legendaris di Kolkatta yang wajib untuk dicoba. merupakan kudapan berupa roti pipih yang digoreng dan menjadi jajanan berkarbohidrat paling digemari di Kolkatta.

Luchi terbat dari tepung maida, yaitu tepung terigu olahan yang kemudian digoreng dalam minyak atau ghee sampai garing. Agar lebih nikmat, luchi biasanya dinikmti dengan kari yang sangat kaya akan rasa dan cocok dinikmati sambil bersantai.

Aloo Posto

Aloo Posto juga menjadi salah satu kuliner legendaris di Kolkatta yang tak kalah nikmat untuk dinikmati. Bisa dibilang bahwa sajian yang satu ini merupakan makanan rumahan yang selalu ada di setiap rumah di Bengali.

Aloo Posto terkenal sangat hemat dalam penggunaan rempah-rempah pasalnya kuliner ini terdiri dari bahan-bahan yang cukup sederhana, yaitu kentang, cabe hijau dan biji poppy panggang. Aloo Posto menawarkan cita rasa yang nikmat dan bergizi karena biasanya sajian ini diolah dengan menggunakan minyak mustard dan disajikan dengan roti pipih khas Bengali atau Luchi.

Shukto

Kuliner legendaris di Kolkatta yang wajib untuk kamu coba berikutnya adalah Shukto. Shukto merupakan merupakan kelezatan tradisional khas Bengali yang dianggap sebagai saah satu sajian vegetarian tebaik oleh masyarakat setempat.

merupakan campuran dari berbagai sayuran, seperti kentang, labu, labu botol dan labu pahit sehingga memiliki rasa yang bercampur Antara pahit dan manis namun benar-benar terasa lezat. Shukto ini biasanya dipasangkan dengan nasi atau roti pipih tradisional. Shukto seolah menjadi sajian unik yang menggugah selera dan pastinya sangat sehat bagi tubuh karena mengandung beragam sayuran sehat.

Kosha Mangsho

India memang selalu identic dengan masakan berupa kari, seperti salah satu kuliner legendaris di kolkatta yang satu ini, yaitu Kosha Mangsho. Kosha Mangsho merupakan merupakan kari kambing yang terkenal sangat lezat khas Kolkatta.

Sajian kari ini dibuat dari daging kambing yang dipadukan dengan berbagai sayuran, biasanya menggunakan tomat dan bawang yang kemudian dicampur dengan berbagai rempah-rempah. Istimewanya, kari ii diberi rempah-rempah khas yang membuat cita rasanya semakin otentik dan beraroma nikmat. Kosha Mangsho ini memiliki cita rasa pedas yang pasti bisa membuatmu ketagihan.

Scroll to Top