5 Teknologi Modern Ini Ternyata Sudah Ditemukan Para Leluhur

5 Teknologi Modern Ini Ternyata Sudah Ditemukan Para Leluhur – Bila kita membaca novcel novel klasik, ternyata orang orang zaman dulu berpikir mereka adalah kaum modern, padahal saat itu mereka belum punya teknologi internet atau smartphone.

Dengan segala teknologi yang kita nikmati, pastilah kita mengira kita sudah hidup didunia modern, tetapi 100 tahun lagi akan terlihat kalau justru kita tidak modern.

Oscar Wilde, sastrawan Irlandia, pernah menulis disalah satu dramanya bahwa menjadi terlalu modern itu berbahaya, karena yang modern pasti akan cepat tergerus zaman.

Zaman modern seperti ini di penuhi oleh berbagai macam teknologi yang semakin canggih disegala bidang. Para ilmuwan pun berlomba lomba menciptakan berbagai teknologi yang lebih canggih agar menjadi yang paling modern.

Ternyata, dari zaman dulu pun para ilmuwan modern di zamannya juga berupaya menciptakan teknologi mutakhir. Berikut teknologi teknologi yang sudah ada sejak zaman dahulu.

1. Astrolabe

Astrolabe, atau yang disebut Astrolabio dan Astrolabium, adalah alat untuk memprediksi posisi obyek-obyek angkasa pada abad pertengahan.

Benda ini disebut pertama kali diciptakan oleh Apollonius dari Perga antara 220 sampai 150 SM. Tidak banyak diketahui sejarah tentang Apollonius, kecuali ia adalah orang Yunani.

Selain dipakai di Eropa, alat ini juga dipakai oleh umat muslim pada zaman dulu ketika mencari posisi kiblat atau ketika melakukan pelayaran.

2. Baterai Baghdad

Bermula dari ditemukannya sebuah guci pada tahun 1936 di sebuah makam kuno yang terletak di Khujut, selatan Baghdad. Guci ini diperkirakan berumur lebih dari dua ribu tahun.

Seorang Arkeolog Jerman bernama Wilhem Konig menyadari bahwa guci tersebut bukan guci biasa karena memiliki pipa tembaga dengan sebatang logam di dalamnya.

Ia pun melakukan penelitian terhadap guci tersebut dan menemukan bekas cairan asam seperti cuka atau anggur di dalamnya.

Akhirnya diketahui bahwa guci ini bisa digunakan untuk membuat baterai sehingga kemungkinan teknologi listrik telah dikenal sejak zaman purba. Baterai ini dikenal Baterai Baghdad atau Baterai Parthian.

Sebab pada penelitian selanjutnya diketahui bahwa dengan memasukkan jus anggur ke dalam guci yang kini disebut Parthian Batteries ini akan menghasilkan listrik sebesar 0,5 volt.

Hal ini semakin membuat para peniliti yakin bahwa Baterai Parthian merupakan alat yang digunakan manusia di zaman purba untuk menciptakan listrik.

3. Jantung Buatan

Siapa sangka, jantung buatan yang kita kira baru ada di zaman modern ternyata sudah ada sejak zaman dulu.

Hal ini dibuktikan oleh kelompok peneliti yang melakukan penelitian terhadap mumi anak laki-laki yang ditemukan di dalam sebuah piramida Mesir.

Di dada kiri mumi berusia sekitar lima ribu tersebut ditemukan jantung buatan yang fungsinya sama seperti yang ada di zaman modern.

Dengan ini, diketahui bahwa orang-orang di zaman purba ternyata sudah dapat menciptakan teknologi secanggih jantung buatan.

4. Antikythera Mechanism

Antikythera Mecanism merupakan sebuah benda berbentuk jam weker yang ditemukan di dalam bangkai kapal yang karam di dasar laut oleh para penyelam Yunani.

Seorang peneliti bernama Derek John De Solla Price mengemukakan bahwa Antikythere Mechanism kemungkinan berasal dari tahun 80 sebelum Masehi dan digunakan untuk mengukur pergerakan bintang dan planet atau posisi astronomi.

Selanjutnya, diketahui bahwa Antikythera Mecanism bekerja seperti sebuah komputer sehingga disebut sebagai komputer analog kuno dari zaman purbakala.

5. Peta Piri Reis

Sebuah peta kuno yang terbuat dari kulit rusa tersimpan di Istana Taifurkhafi, Istanbul, Turki.

Di peta ini terdapat tanda tangan Piri Reis yang merupakan seorang laksamana Turki Utsmani dan tertera bulan dan tahun kapan peta tersebut ditandatangani, yaitu bulan Muharram tahun 919 Hijriyah atau sekitar 1513 Masehi.

Karena keunikannya, peta ini kemudian diteliti lebih lanjut dan ditemukanlah fakta bahwa gambaran pada peta ini ternyata sebenarnya adalah gambar seperti pandangan udara dari atas angkasa.

Peta ini sempat dua kali muncul di mata uang Turki, yaitu pada 1999-2009.

Itulah lima teknologi canggih yang ditemukan para leluhur. Semoga dengan mempelajari hal ini, kita tidak akan merasa hidup di zaman yang paling modern.

Siapa sangka, jika pada zaman dulu ada beberapa teknologi canggih yang sudah diciptakan oleh nenek moyang kita. Apa saja teknologi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya!

Leluhur bangsa Indonesia pada zaman dulu, berhasil membuat beberapa teknologi canggih yang berhasil melampaui zamannya.

saja teknologi canggih tersebut?

Melansir laman jalantikus.com, ini dia teknologi canggih khas nusantara yang dibuat oleh para leluhur itu!

5 Teknologi Canggih Zaman Dulu

1. Karinding
Benda pertama yang kehadirannya melampaui zaman adalah alat musik karinding.

dimainkan oleh mulut dan dipukul menggunakan jari tangan.

Bunyi yang dihasilkan pun cukup unik serta low decible.

Bunyi tersebut dipercaya sengaja dibuat oleh leluhur petani asal Sunda untuk mengusir hama dan binatang perusak tanaman.

2. Candi Borobudur

Siapa yang tak kenal dengan Candi Borobudur, di Magelang, Jawa Tengah?

Konon katanya, candi ini dibuat pada tahun 800-an masehi oleh umat agama Buddha Mahayana.

Kita akan sepakat jika Borobudur adalah bangunan dengan teknologi canggih.

Pasalnya, sulit sekali membayangkan, pada zaman dulu orang-orang sanggup membangunan Candi Borobudur.

Kira-kira, teknologi apa yang mereka gunakan untuk membangun bangunan sedemikian besar dan indah tersebut?

Candi Borobudur pun pernah menyandang titel sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

3. Si Gale-Gale

Si Gale atau Si Gale-Gale adalah ‘robot’ tradisional asal Indonesia.

Ia merupakan pertunjukan seni yang menggunakan boneka sebagai bagian dari ritual penguburan mayat khas suku Batak, di Samosir, Sumatra Utara.

Kenapa Si Gale bisa dibilang teknologi canggih dan menyerupai robot?

Ini karena saat boneka menari-nari, orang yang mengendalikan di belakangnya menggunakan tali tersembunyi yang saling terhubung.

Sehingga memungkinkan seluruh bagian boneka mampu bergerak.

Kabar yang beredar, tali yang menggerakan boneka Si Gale-Gale jumlahnya sama dengan urat di tangan manusia!

4. Tempe

Jika kita lihat pada zaman sekarang, kudapan tempe adalah makanan yang biasa saja.

Namun bila dikomparasi dengan zaman dulu, sungguh, tempe membuktikan orang Indonesia memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi.

Alasannya karena dalam pembuatannya, leluhur kita menggunakan cara yang panjang saat membuat tempe.

Misalnya mulai dari perebusan sampai melibatkan proses fermentasi.

Hal ini membuktikan jika nenek moyang kita zaman dulu, sanggup memanfaatkan bahan yang ada menjadi makanan dengan sajian sedap.

Mengenai kapan tempe dibuat, tak ada waktu yang pasti.

Kabar beredar jika tempe sudah dibuat dari abad ke-12, sementara sumber lain menyebut sejak tahun 1800-an.

5. Rumah Gadang

Rumah Gadang, bangunan khas asal Sumatra Barat, termasuk ke dalam teknologi canggih yang sudah ada sejak zaman dulu.

Bagaimana tidak, rumah gadang adalah contoh produk arsitektur yang dilengkapi dengan teknologi canggih anti gempa.

Masih melansir laman jalantikus.com, ia dibuat dengan cara tidak dipaku, tapi menggunakan pasak.

Rumah ini juga tidak langsung menyentuh tanah pada bagian dasar, tapi menggunakan tiang yang ditopang oleh batu sandi.

Berkat kelenturan banguanan Rumah Gadang, ia sanggup tahan terhadap gempa dengan kekuatan hingga 8 SR.

Scroll to Top