Tanaman yang Perawatannya Paling Mudah, Yuk Berkebun !

Tanaman yang Perawatannya Paling Mudah, Yuk Berkebun ! –  Tanaman hijau terbukti membuat suasana rumah menjadi kian asri. Sayangnya, banyak orang yang terlajur malas berkebun karena tidak rajin menyirami atau memberi pupuk sehingga tanaman bisa layu.

Nah, ternyata ada beberapa tanaman yang tidak membutuhkan perawatan ekstra. Tanaman jenis ini akan cocok sekali untuk Anda yang ingin mendapatkan suasana asri di rumah tapi tidak pandai merawat tanaman.

Tanaman yang Perawatannya Paling Mudah, Yuk Berkebun !
Tanaman yang Perawatannya Paling Mudah, Yuk Berkebun !

Tanaman yang Perawatannya Paling Mudah, Yuk Berkebun !

Tanaman-tanaman ini tidak membutuhkan cahaya matahari intens atau harus disiram setiap pagi dan sore. Perawatannya mudah sekali.

Apa saja? Yuk kita liat daftarnya di bawah ini!

1. Lidah Buaya

Selain banyak  sekali manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan, lidah buaya tak perlu disiram terlalu sering.

Anda cukup biarkan mereka tumbuh dalam tanah yang kering dan dipenuhi banyak cahaya matahari.

2. Lavender

Tanaman yang memiliki bunga berwarna cantik ini juga cukup ampuh untuk mengusir nyamuk.

Tak hanya itu, perawatannya juga terbilang mudah. Cukup letakkan di bawah sinar matahari dan Moms tak perlu menyiramnya terlalu sering.

3. Lidah Mertua

Berikutnya ada tanaman lidah mertua atau sansevieria yang juga banyak dipelihara orang.

Tanaman ini dapat tumbuh meski kurang pencahayaan dan udara yang kering.

4. Tanaman Laba-laba

Tanaman laba-laba adalah tanaman gantung dalam pot yang sangat populer.

Tanaman ini hanya butuh cahaya dan air. Tak perlu jenis perawatan lain yang mungkin menyita waktu Anda.

5. Peace Lily

Bunga lili ini memang cantik. Tak hanya itu, tanaman ini juga memiliki warna-warna yang indah. Ada yang berwarna putih, merah muda atau ungu.

Tanaman ini hanya membutuhkan cahaya rendah, suhu sedang, dan tanah yang lembab.

6. Sukulen

Sukulen adalah tanaman yang serbaguna dan indah. Ada cukup banyak jenis dari tanaman ini yang bisa Moms pilih.

Tanaman ini hanya membutuhkan perawatan yang sangat sedikit. Tanaman ini sangat bagus untuk terarium atau sebagai tanaman yang berdiri sendiri.

7. Kaktus

Sama seperti sukulen, kaktus mudah beradaptasi, bervariasi, dan sangat kuat.

Tanam saja dan biarkan mereka tumbuh dengan sendirinya tanpa perlu disiram setiap hari.

8. Heart Leaf Philodendron

Tanaman ini tumbuh subur di ruang mana pun. Cahaya tidak langsung atau cahaya yang rendah adalah yang paling baik untuk merawat tanaman ini.

Tak perlu juga terlalu sering disiram, malahan biarkan tanaman ini hingga mengering sebelum disiram lagi.

9. Pothos

Pothos adalah tanaman yang memiliki banyak warna dan tumbuh subur dalam cahaya rendah. Karena alasan itu, tanaman ini sempurna untuk ruangan yang gelap.

10. Keladi Hias

Tanaman dengan genus Caladium dan Alocasia ini memiliki daun yang berwarna-warni dan berbentuk hati. Beberapa jenis keladi memiliki warna solid, dua warna solid dengan pertulangan daun berbeda, hingga lebih dari dua warna dalam satu daun.

11. Monstera

Jenis tanaman hias satu ini tengah digemari banyak orang. Nama monstera diambil dari bahasa latin monstrou yang artinya tidak normal karena memang bentuk daunnya yang berlubang. Meski kebanyakan memiliki ciri khas berlubang, ada juga yang tidak berlubang.

Tanaman dengan ukuran daun yang besar dan lebar ini, sering digunakan untuk dekorasi rumah atau bahkan properti foto karena tanaman ini memiliki nilai estetik. Diketahui tanaman jenis philodendron ini masuk dalam keluarga talas-talasan (Araceae).

12. Philodendron

Tanaman philodendron menjadi primadona sebagai tanaman indoor maupun interior ruangan. Tanaman ini memiliki banyak ragam dan eksotis, sekitar 450 varietas. Beberapa spesies ada yang tumbuh merambat dan ada pula yang tumbuh semak.

Kesamaan dari semua jenis philodendron adalah kemampuannya yang bisa tumbuh di berbagai kondisi lingkungan. Masing-masing jenis memiliki ciri khas fisik yang berbeda-beda, baik dari bentuk, ukuran, maupun warna daunnya.

13. Sirih Belanda

Selain meletakkan tanaman dalam pot di atas meja maupun di sudut rumah, salah satu cara menarik adalah dengan pot gantung. Tanaman Sirih Belanda ini termasuk yang cocok ditanam dalam pot gantung. Peralatannya sangat praktis. Kamu hanya perlu menyiapkan tanah dan air saja sebagai media tanamnya.

14. Janda Bolong

Jenis tanaman hias satu ini begitu populer di masa pandemi ini. Masih masuk dalam keluarga Monstera, Janda Bolong memiliki nama lain Monstera adansonii yang memiliki bentuk daun yang unik, yakni dihiasi lubang-lubang pada permukaan tengah daunnya.

Jadi tak sampai sobek-sobek yang membentuk jari-jari pada pinggir daun. Dilihat dari ukuran daunnya pun lebih kecil serta memiliki gradasi warna hijau tua dan muda.

15. Sri Rejeki

Jenis tanaman hias ini dipercaya dapat memberikan keberuntungan bagi mereka yang memeliharanya. Terdapat banyak jenis tanaman hias Sri Rejeki yang bisa kamu pilih untuk dijadikan hiasan rumah.

Tidak usah khawatir dalam merawatnya, karena tanaman ini tidak perlu perawatan yang sulit dan ribet. Ada beberapa jenis tanaman Sri Rejeki yang bisa dipilih seperti sinar bulan, bidadari, legacy, pride of Sumatra, lipstik, red kochin, dud anjamani, dan lady valentine.

Nah, itulah tadi beberapa tanaman yang sangat mudah perawatannya dan cocok sekali dijadikan penghias rumah anda. Mana yang paling bunda sukai? Share yuk

Scroll to Top