12 Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan Manusia

12 Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan Manusia12 Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan Manusia –  Daun Sukun adalah salah satu daun yang bisa ditemui dengan mudah di Indonesia. Buah sukun memiliki daging berwarna putih dengan rasa yang manis dan gurih ini biasanya diolah menjadi gorengan yang lezat.

Selain buah yang lezat, daun sukun ternyata juga bisa diolah menjadi berbagai bentuk hidangan yang bermanfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat daun sukun?  Daun sukun merupakan salah satu bahan herbal yang banyak dimanfaatkan dalam dunia pengobatan.

Daun ini memiliki banyak sekali kandungan bermanfaat bagi kesehatan, seperti omega 3, omega 6, polifenol, kalum, hingga asam amino. Seluruh kandungan tersebut apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.

Selain itu juga daun sukun juga memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna sekali bagi kesehatan manusia berikut salah satu dari beberapa manfaat daun sukun sebagai berikut : 

1. Mengatasi Alergi

Alergi bisa terjadi apabila sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Sistem kekebalan tubuh akan menghasilkan zat antibodi untuk melawan zat asing yang masuk.
Ketika Anda memiliki alergi, sistem kekebalan tubuh akan mengidentifikasi zat asing atau alergen sebagai zat yang berbahaya dan tubuh akan bereaksi untuk menghadapi zat alergen tersebut.
Daun sukun kering memiliki kandungan Vitamin B dan Zat Kapur yang tinggi. Kandungan tersebut ampuh untuk menghilangkan reaksi alergi pada tubuh, seperti pembengkakan, gatal-gatal, dan kulit berubah menjadi merah.

2. Menyembuhkan Luka

Daun sukun memiliki kandungan anti-hemorrhage yang tinggi. Kandungan anti-hemorrhage adalah salah satu kandungan yang bisa menstimulasi agen hemostasis di dalam tubuh yang merangsang untuk mempercepat pemberhentian luka.
Tidak hanya itu saja, daun tersebut juga memiliki kandungan antioksidan dan anti radang yang dapat mencegah munculnya infeksi pada luka.

3. Mengurangi Kolesterol di Dalam Tubuh

Kolesterol merupakan salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi hormon. Karena memiliki tekstur yang kental dan lengket, kolesterol dalam jumlah yang tinggi bisa berakibat fatal bagi tubuh.
Salah satu penyakit yang umum diakibatkan oleh kolesterol tinggi adalah stroke dan pecah pembuluh darah. Daun sukun memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol akan lebih mudah larut dan terbuang dari tubuh.

4. Meredakan Sakit Gigi

Sakit gigi merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat mengganggu. Sakit gigi biasanya disebabkan oleh kurang terjaganya kebersihan rongga mulut, tidak membersihkan gigi sebelum tidur, dan membiarkan makanan menempel di dalam sela-sela gigi.
Kotoran yang menempel di gigi bisa menimbulkan iritasi pada gusi dan mengakibatkan gigi menjadi terkikis. Salah satu cara yang umum digunakan untuk meredakan rasa sakit gigi adalah dengan berkumur menggunakan air garam.
Anda juga bisa memanfaatkan air rebusan daun sukun untuk meredakan sakit gigi yang mengganggu. Kandungan anti inflamasi dan anti bakteri yang dimiliki oleh daun sukun bermanfaat untuk meredakan sakit gigi, sekaligus menjaga kebersihan rongga mulut.

5. Mengatasi Kulit yang Sensitif

Daun sukun yang masih muda bisa diolah dengan cara ditumbuk dan dicampurkan dengan essential oil. Campuran minyak tersebut bisa dibalurkan ke kulit secara berkala. Campuran ini akan membuat kulit menjadi lebih lembab sekaligus mengatasi kulit yang sensitif dan mudah gatal-gatal.

6. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Liver

Daun sukun memiliki kandungan bermanfaat seperti polifenol, tanin, dan quercetin yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan tersebut sangat baik untuk mengatasi penyakit kronis, sekaligus menjaga kesehatan dan fungsi dari liver.
Biasakan untuk mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup. Hindari untuk mengonsumsi teh, kopi, dan alkohol dalam jumlah yang banyak karena dapat membuat kerja dari liver menjadi lebih berat.

7. Melancarkan ASI

Manfaat daun sukun yang lainnya adalah mampu untuk melancarkan ASI. Wanita yang baru melahirkan dianjurkan untuk mengonsumsi teh daun sukun sebanyak 3 kali sehari.  Teh daun sukun memiliki kandungan polifenol dan vitamin A yang tinggi, sangat baik untuk memperlancar produksi ASI.

8. Mengobati Penyakit Kardiovaskular

Seperti yang dikutip dari situs WHO International, kurangnya olahraga, mengonsumsi minuman beralkohol, dan merokok dapat memicu munculnya penyakit kardiovaskular. Nah, teh daun sukun memiliki kandungan zat alami yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kardiovaskular dan menurunkan tekanan darah.
Untuk mencegah terserang penyakit kardiovaskular, Anda bisa mencoba untuk berolahraga secara teratur dari rumah. Berikut ini adalah tips olahraga di rumah yang mudah dan gerakannya yang bisa Anda ikuti.

9. Menyembuhkan Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ penting yang berfungsi untuk menyaring dan membuang zat berbahaya di dalam tubuh, yang nantinya akan dibuang melalui urin.
Ginjal yang bermasalah akan membuat tubuh kehilangan kemampuan untuk membuang zat berbahaya. Untuk menyembuhkan penyakit dan menjaga kesehatan ginjal, konsumsilah teh daun sukun secara teratur. Seimbangkan juga dengan secara rutin mengonsumsi air mineral, setidaknya sebanyak 3,7 liter setiap hari.

10. Meredakan Asam Urat

Seseorang yang memiliki kadar asam urat tinggi dapat mengalami radang sendi yang menyakitkan hingga terjadi kelumpuhan. Penyakit asam urat bisa dialami oleh siapa saja dan umumnya disertai oleh penyakit lain, seperti darah tinggi, stroke, atau diabetes.
Mengonsumsi air rebusan daun sukun secara teratur dapat menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Seimbangkan juga dengan berolahraga secara teratur dan menghindari untuk mengonsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi.

11. Mencegah Terjadinya Serangan Jantung

Penyakit jantung bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari komplikasi darah tinggi, kolesterol yang tinggi, hingga penyumbatan yang diakibatkan oleh nikotin.
Untuk mencegah terjadinya serangan jantung, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun sukun secara teratur setiap hari. Kandungan asam amino, polifenol, dan omega 3 yang tinggi sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

12. Mengontrol Kandungan Gula Darah

Seseorang dengan kandungan gula darah yang tinggi dapat memicu munculnya penyakit diabetes. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan mengurangi makanan dan minuman yang manis dan mengonsumsi air rebusan daun sukun.
Senyawa flavonoid yang terdapat di dalamnya mampu untuk menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Setelah mengetahui manfaat daun sukun, mungkin Anda tertarik menanamnya di rumah. Tidak butuh lahan besar asal ada lahan kosong yang bisa dimanfaatkan.
Scroll to Top