Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan, Sudah Tahu

Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan, Sudah Tahu

 

Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan, Sudah Tahu? Sawi putih merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat di gemari sebagian kalangan manusia yang sangat mencintai sayur- sayuran.

Selain itu sawi putih juga merupakan salah satu jenis sayuran yang baik sekali di konsumsi oleh manusia di karenakan banyak sekali memiliki manfaat baik untuk kesehatan manusia.

Manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh telah terbukti oleh berbagai uji klinis. Tidak heran, manfaat sawi putih sangat menarik untuk diketahui dan menjadi salah satu jenis sayuran yang banyak diminati.

Sawi putih juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam sawi putih di antaranya seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, vitamin A, vitamin B2, vitamin C, vitamin K dan lain-lain.

Selain itu, sawi putih juga termasuk salah satu jenis sayuran yang cukup enak dan kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Lalu apa saja manfaat sawi putih untuk kesehatan?  Melansir dari Health Benefits Times, berikut beberapa manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian di antaranya adalah mampu menjaga kesehatan jantung.

Pasalnya, sawi putih mengandung sejumlah vitamin yang meningkatkan kerja jantung.  Selain itu, mengkonsumsi sawi putih juga mampu mengurangi risiko berbagai gejala penyakit jantung.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Selain baik untuk jantung, sawi putih juga berperan penting untuk meningkatkan fungsi otak. Pasalnya, mengkonsumsi sawi putih mampu merangsang perkembangan otak dan saraf.

3. Meredakan Sakit Menstruasi

Sawi putih juga bermanfaat untuk meredakan sakit menstruasi. Salah satunya, kandungan zat besi dalam sawi putih mampu meredakan sakit menstruasi, pusing dan lain-lain.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts di Amherst, wanita yang menikmati diet kaya zat besi memiliki 30 hingga 40 persen lebih rendah mengalami PMS dibandingkan wanita yang mengonsumsi lebih sedikit zat besi dari sawi putih.

4. Mengontrol Diabetes

Manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh lainnya yaitu mampu mengontrol diabetes. Pasalnya, sawi putih mengandung protein yang mampu menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh.

5. Meredakan Flu

Sawi putih juga termasuk salah satu sayuran yang mengandung cukup banyak vitamin C. Vitamin C juga berperan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sehingga mengkonsumsi sawi putih mampu meredakan flu dan memperkuat tubuh dari infeksi atau bakteri virus yang berbahaya.

6. Menjaga Perkembangan Janin

Sawi putih adalah sayuran yang cukup penting dikonsumsi ibu hamil. Pasalnya, sawi putih mengandung cukup kalsium yang dianjurkan karena mampu menjaga perkembangan jani pada ibu hamil.

7. Membantu Mobilitas Sendi

Manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu dapat membantu meningkatkan mobilitas sendi.  Penelitian menunjukkan bahwa Vitamin B3 dalam sawi putih efektif dalam meningkatkan mobilitas sendi.

Hal tersebut dikarenakan asupan niasin dengan tingkat nyeri sendi yang lebih rendah, peningkatan kekuatan otot, dan lebih sedikit gejala yang terkait dengan kelelahan otot atau sendi.

8. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkan adalah bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang.

Kandungan vitamin K dan kalsium yang cukup tinggi membuat sawi putih bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kepadatan tulang.

Selain itu, mengkonsumsi sayuran yang kaya akan kalsium juga mampu mencegah osteoporosis dan berbagai masalah tulang. Itulah beberapa manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh.

9. Menjaga tubuh dari inflamasi

Hampir sama dengan buah yang berwarna cerah dan sayuran hijau, sawi putih juga mempunyai kandungan antioksidan. Kandungan ini pada sawi putih mempunyai manfaat atau khasiat untuk membantu tubuh melawan inflamasi (peradangan) sekaligus kerusakan sel.

Apalagi, kalau Anda memilih sawi putih dengan warna daun yang agak gelap karena merupakan sumber flavonoid yang baik untuk tubuh. Ada pula senyawa kolin pada sawi putih yang mempunyai khasiat untuk mempertahankan sel, membantu menyerap lemak, serta mengurangi peradangan kronis.

10. Membantu menurunkan tekanan darah

Ada beberapa jenis mineral yang terkandung di dalam sawi putih atau bok choy. Jenis mineral tersebut adalah kalium, kalsium, serta magnesium. Kandungan mineral ini menjadikan sawi putih mempunyai manfaat untuk menurunkan tekanan darah secara alami.

Selain itu, Anda yang mengalami hipertensi juga perlu meningkatkan asupan kalium apabila asupan natrium tergolong tinggi. Kalium juga mempunyai manfaat lainnya, yaitu membantu meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah.

11. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Sembelit adalah kondisi yang bisa terjadi pada siapa saja, termasuk ketika tubuh kekurangan asupan serat serta cairan. Maka dari itu, Anda dapat memanfaatkan kedua kandungan tersebut untuk membantu mencegah gangguan pencernaan yang berujung pada sembelit. Jangan lupa untuk meningkatkan pula asupan cairan karena serat bersifat menyerap air.

Scroll to Top