Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Yang Terbukti Secara Klinis

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Yang Terbukti Secara Klinis

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Yang Terbukti Secara Klinis – Jahe merupakan salah satu dari tumbuhan yang sangat sering kita jumpain di seluruh daerah yang ada di indonesia maupun daerah lain.

Selain itu Ada berbagai manfaat jahe untuk kesehatan tubuh yang telah terbukti oleh berbagai uji klinis. Tak heran, jahe menjadi salah satu jenis rempah yang paling banyak diminati dan punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, jahe juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, manfaat jahe untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam jahe di antaranya seperti karbohidrat, serat, protein, zat besi, kalium, vitamin C, vitamin B6 dan masih banyak lagi nutrisi lainnya.

Tak berhenti disitu, jahe juga kerap dimanfaatkan dan diolah menjadi berbagai jenis obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut salah satu dari beberapa Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Yang Terbukti Secara Klinis sebagai berikut :

1. Meringankan Gejala Pilek

Salah satu manfaat jahe untuk kesehatan tubuh yang penting untun diketahui di antaranya mampu meringankan gejala pilek. Tak heran, jahe kerap dijadikan obat alternatif untuk mengobati pilek dan meredakan demam.

2. Meredakan Mual

Selain meredakan pilek, jahe juga bermanfaat untuk meredakan mabuk perjalanan, pusing, mual, muntal dan keringat dingin. Sehingga jahe juga kerap dijadikan bahan alami dalam obat mual dan muntah. 

3. Menghilangkan Rasa Sakit

Manfaat jahe untuk kesehatan tubuh lainnya yaitu mampu menghilangkan rasa sakit. Hal tersebut dikarenakan jahe mengandung sifat antiinflamasi yang efektif mengurangi peradangan.  Sehingga mengkonsumsi jahe mampu meredakan rasa sakit dan mengurangi risiko peradangn kronis.

5. Meningkatkan Sistem Pencernaan

 Jahe juga berperan penting untuk meningkatkan dan melancarkan sistem pencernaan. Pasalnya, jahe mengandung senyawa dan serat yang mampu menghilang gas dalam sistem pencernaan dan mencegah berbagai masalah pencernaan lainnya.

6. Mendukung Kesehatan Jantung

Manfaat jahe untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkan yaitu mampu menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan jahe mampu mencegah berbagai gejala penyakit jantung seperti menurunkan kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah tinggi dan lain-lain. 

Sejumlah penelitian pada hewan menunjukkan jahe dapat membantu mengatur kadar kolesterol, mengurangi kerusakan arteri dan menurunkan tekanan darah tinggi yang semuanya bermanfaat bagi jantung dan sistem kardiovaskular. Itulah beberapa manfaat jahe untuk kesehatan tubuh.

7. Mengatasi sakit maag

Minuman jahe merupakan salah satu obat herbal untuk mengatasi dispepsia, atau sakit maag, kondisi dimana perut terasa sakit, kembung, serta banyak bersendawa setelah makan. Mengonsumsi minuman jahe diyakini dapat mempercepat pengosongan perut, sehingga sakit perut dan gejala dispepsia lainnya dapat teratasi.

8. Mengurangi reaksi alergi

Sifat antiradang pada minuman jahe diyakini mampu mengurangi berbagai reaksi alergi, yang terjadi akibat adanya peradangan dalam tubuh. Berbagai reaksi alergi yang dapat diredakan misalnya pembengkakan dan iritasi pada hidung, mata, maupun tenggorokan.

9. Menurunkan berat badan

Manfaat minuman jahe dalam menurunkan berat badan juga diperoleh dari gingerol. Senyawa alami ini memiliki efek antiobesitas yang dapat mempercepat proses pencernaan makanan di usus. Gingerol juga dapat menjaga gula darah tetap stabil, sehingga nafsu makan menurun dan berat badan pun akan lebih cepat berkurang.

10.Menjaga berat badan ideal

Jika berat badan ideal sudah tercapai, cobalah konsumsi minuman jahe sebagai upaya untuk menjaganya. Minuman jahe terbukti mampu mempercepat pembakaran dan pemecahan lemak, menghambat penyerapan lemak, serta mengendalikan nafsu makan sehingga berat badan dapat terjaga.

11. Meredakan nyeri haid

Minuman jahe adalah pilihan minuman yang baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang haid. Sebab, zat alami dalam minuman jahe memiliki sifat antiinflamasi dan pereda nyeri yang mampu meredakan nyeri haid serta perut kembung akibat haid.

12. Mengatasi osteoarthritis

Selain meredakan nyeri haid, minuman jahe juga dapat meredakan nyeri sendi akibat osteoarthritis maupun rheumatoid arthritis. Manfaat jahe dalam meredakan nyeri sendi diperoleh dari sifat antiinflamasi yang dimiliki oleh gingerol dan shogaol dalam minuman jahe.

13. Meredakan nyeri otot

Nyeri otot bisa saja terjadi setelah berolahraga. Dengan mengonsumsi minuman jahe yang memiliki efek antiradang, nyeri otot akan membaik secara berangsur.

14. Mencegah penyakit Alzheimer

Sifat antioksidan dari senyawa alami gingerol dan shogaol dalam minuman jahe diketahui mampu menjaga fungsi otak lansia serta mencegah penyakit yang berkaitan dengan penurunan fungsi otak, misalnya penyakit Alzheimer.

15. Mencegah terjadinya keriput

Mengonsumsi minuman jahe merupakan salah satu cara untuk tampak awet muda. Khasiat ini didapatkan dari sifat antioksidan dalam minuman jahe, yang mampu mencegah terjadinya penuaan dini, seperti keriput dan bintik hitam.

16. Mengontrol kadar gula darah

Penderita diabetes tipe 2 disarankan untuk mengonsumsi minuman jahe guna mencegah kenaikan gula darah secara mendadak. Sebab, minuman jahe terbukti ampuh dalam memaksimalkan kerja insulin dalam menyerap gula darah dan menurunkan kadar HbA1c.

17. Menurunkan kolesterol

Zat alami dalam minuman jahe juga diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol jahat, atau LDL, di dalam tubuh. Hal ini didukung oleh sebuah hasil penelitian yang menunjukkan penurunan kadar kolesterol pada penderita kolesterol tinggi dengan konsumsi ekstrak jahe selama 3 bulan secara rutin.

Scroll to Top