13 Obat Alami Batuk Berdahak Paling Manjur Dan Aman

13 Obat Alami Batuk Berdahak Paling Manjur Dan Aman13 Obat Alami Batuk Berdahak Paling Manjur Dan Aman – Batuk berdahak merupakan salah satu jenis batuk yang sangat sering sekali di alami oleh para kalangan manusia dari kalangan muda maupun juga orang dewasa. Selain itu Tahukah kamu batuk berdahak bisa kamu atasi dengan menggunakan obat-obatan alami?

Ada banyak pilihan obat alami batuk berdahak yang bisa kamu gunakan dengan aman, dengan minim efek samping. Khusus untuk kamu, kami akan berikan rekomendasi obat batuk berdahak terbaik yang terbuat dari bahan alami. Obat-obatan ini sudah terbukti bisa menyembuhkan batuk berdahak.

Obat Alami Batuk Berdahak Paling Mujarab

Ada banyak bahan alami yang bisa kamu jadikan sebagai obat batuk berdahak. Berikut ini adalah daftar bahan alami mujarab yang bisa mengatasi batuk berdahak. Berikut salah satu dari beberapa Obat alami yang dapat anda gunakan untuk menyembuhkan penyakit batuk berdahak sebagai berikutĀ  ;

1. Madu

Obat batuk berdahak alami untuk anak-anak dan dewasa paling aman adalah madu. Berdasarkan peneltian, madu mengandung dekstrometorfan. Dekstrometorfan inilah yang ada di dalam obat batuk berdahak untuk menekan batuk.

Untuk mengatasi batuk berdahak kamu bisa menyeduh 2 sendok teh madu dengan air hangat atau teh hangat. Kamu juga bisa menambahkan sedikit air lemon. Air lemon juga bisa membantu melegakan hidung yang tersumbat. Madu cocok untuk obat batuk anak usia 1 tahun ke atas dan anak-anak.

2. Peppermint

Daun peppermint sudah sangat terkenal mampu mengatasi batuk berdahak. Hal ini karena di dalam daun ini mengandung mentol yang bisa melegakan pernapasan. Selain itu, kandungannya juga bisa menenangkan tenggorokan yang gatal.

Untuk mengatasi batuk dengan daun pepermint, kamu bisa menyeduh daun ini dengan teh kemudian meminumnya hangat-hangat. Kamu juga bisa menggunakan minyak esensial peppermint di humidifier. Aroma peppermint bisa melegakan hidung dan tenggorokan kamu.

3. Jahe

Cara meredakan batuk tanpa obat juga bisa kamu lakukan dengan jahe. Jahe sangat efektif untuk mengatasi batuk berdahak dan batuk kering.

Di dalam jahe mengandung zat antiinflamasi yang mengendurkan selaput saluran udara. Hal ini bisa membantu mengurangi batuk yang sedang kamu alami.

Untuk meredakan batuk dengan jahe, kamu bisa mengonsumsi air rebusan jahe. Kamu juga bisa mencampurkan irisan jahe dengan teh hangat.

4. Nanas

Buah nanas juga menjadi salah satu obat alami untuk batuk berdahak. Di dalam nanas mengandung bromelain yang bisa mengatasi batuk berdahak. Kandungannya ini bisa membantu mengencerkan lendir di hidung dan tenggorokan.

Mengonsumsi nanas bisa membantu melegakan tenggorokan. Kamu bisa memakan nanas secara langsung atau mengolahnya menjadi jus dengan tambahan madu dan lemon.

5. Daun Sirih

Cara mengobati batuk berdahak secara alami dan cepat juga bisa menggunakan daun sirih. Selama ini daun sirih dikenal sebagai daun yang kaya akan fenol dan antioksidan. Kandungan fenol inilah yang bisa membantu meredakan batuk.

Jenis sirih yang bagus untuk obat batuk alami adalah sirih merah. Hal ini karena di dalam sirih merah juga mengandung alkaloid yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri. Untuk meredakan batuk berdahak, kamu bisa minum air rebusan sirih merah yang masih hangat.

6. Air Garam

Untuk meredakan batuk berdahak kamu juga bisa menggunakan air garam. Air garam bisa membantu meredakan sakit tenggorokan dan mengencerkan dahak.

Kamu tidak perlu menelan air garam, cukup berkumur saja dengan air ini. Namun pastikan ketika berkumur air garam mengenai tenggorokan.

Untuk membuat air garam cukup dengan Ā½ sendok teh garam. Campurkan garam ini dengan air hangat kemudian kumurlah di pagi dan malam hari.

7. Air Lemon

Cara menghilangkan batuk berdahak yang sudah lama juga bisa menggunakan buah lemon. Kamu bisa mengonsumsi air perasan jeruk lemon untuk membantu meredakan batuk.

Selain itu, kandungan vitamin C di dalam lemon juga bisa membantu meningkatkan imun tubuh. Dengan sistem imun yang kuat maka batuk kamu akan cepat sembuh. Kamu bisa mencampur air lemon ini dengan madu maupun teh hangat.

8. Cengkih

Tahukah kamu cengkih juga bisa membantu mengobati batuk berdahak dengan cepat. Hal ini karena cengkih mengandung antibakteri yang bisa melawan infeksi pada saluran pernapasan.

Untuk mengatasi batuk berdahak kamu bisa merebus cengkih selama 10 menit. Kemudian minumlah air cengkih ini agar batuk berdahak kamu reda.

9. Kencur

Bahan alami lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai obat batuk berdahak dan gatal untuk dewasa adalah kencur. Kencur mengandung methyl-coumaric acid yang bisa membantu meredakan batuk. Tidak hanya itu, kandungan di dalamnya juga bisa mengatasi bengkak pada tenggorokan.

Kamu bisa mengkonsumsi kencur parut yang dicampur dengan madu atau air lemon. Minumlah setiap pagi dan malam hari agar batuk bisa cepat sembuh.

10. Belimbing Wuluh

Buah yang biasa digunakan sebagai campuran makanan atau sambal ini ternyata bisa mengobati batuk berdahak. Belimbing wuluh mengandung antiradang dan antipiretik yang bisa mengatasi berbagai jenis batuk.

Kamu hanya perlu mengonsumsi buah ini selama batuk. Agar rasanya tidak terlalu asam, kamu bisa mencampur buah ini dengan sedikit garam.

11. Buah Mengkudu

Tahukah kamu buah mengkudu juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa kamu pakai sebagai obat untuk batuk berdahak. Mengkudu mengandung antivirus yang bisa membantu meredakan batuk.

Untuk meredakan batuk berdahak kamu bisa mengonsumsi jus mengkudu setiap harinya. Rasanya memang pahit, kamu bisa menambahkan madu atau air lemon agar rasa jus ini menjadi lebih baik.

12. Daun Pegagan

Obat herbal alami batuk berdahak yang selanjutnya adalah daun pegagan. Daun ini mengandung polifenol dan flavonoid yang bisa mengatasi bakteri dan virus yang menyebabkan batuk. Daun ini juga bisa menjadi obat batuk kering.

Untuk meredakan batuk berdahak maupun kering kamu bisa merebus daun pegagan lalu meminumnya selagi hangat. Selain itu, kamu juga bisa mengunyah dan menelannya langsung.

13. Bawang Putih

Bahan alami yang bisa membantu mengobati batuk berdahak yang terakhir adalah bawang putih. Di dalam bawang putih mengandung antimikroba dan allicin yang mampu membunuh bakteri dan virus.

Untuk mengatasi batuk berdahak kamu bisa memakan langsung 1 butir bawang putih. Kamu juga bisa menumbuk bawang putih kemudian campurkan dengan madu. Mencampurkan bawang putih dan madu bisa membantu menghilangkan rasa getir pada bawang.

Scroll to Top