Peralatan yang Digunakan Untuk Pembuatan Jalan

Peralatan yang Digunakan Untuk Pembuatan Jalan  – Jasa Aspal Jalan Jakarta, Tentu kalian tahu manfaat dari jalan sendiri juga. Jalan sangat bermanfaat untuk kehidupan kita sehari hari. Lalu jika jalan yang kita lewati rusak pasti akan mengganggu aktivitas. Maka dari itu, jalan dibuat dari bahan dan alat yang canggih. Ada yang belum tahu apa saja alat yang sering digunakan dalam pembuatan jalan? Mari simak ulasan berikut macam macam alat yang sering digunakan untuk membuat jalan!

1. Excavator

Pada proyek konstruksi jalan, Excator digunakan untuk menggali tanah dalam pekerjaan cut anda fill lahan proyek

2. Dump Truck

Pada proyek konstruksi jalan, Dump truk digunakan untuk mengangkut seperti agregat pondasi kelas A, aspal, pasir dan material timbunan.

3. Water Tank Truck

Water tank truck digunakan untuk mengangkut air, yang digunakan untuk pekerjaan pemadatan lapis pondasi agraget kelas A, setelah penghamparan material selesai kemudian dan disiram air menggunakan water tank.

4. Vibratory Roller

Vibratory roller adalah alat pemadat yang menggabungkan antar tekanan dan getaran. Vibratory roller mempunyai efisiensi pemadatan yang baik.

5. Motor Grader

Sebagai bagian dari alat berat, motor grader berfungsi sebagai alat perata atau penghampar yang biasanya digunakan untuk meratakan dan membentuk permukaan tanah. Selain itu, dimanfaatkan pula untuk mencampurkan dan menebarkan tanah dan campuran aspal.

6. Pneumatic Tire Roller

Untuk pneumatic tire roller, alat terdiri atas roda-roda ban karet yang dipompa (pneumatic) maka area pekerjaan juga perlu dibebaskan dari benda-benda tajam yang dapat merusak roda. Susunan dari roda muka dan roda belakang selang-seling sehingga bagian yang tidak tergilas oleh roda bagian muka maka akan digilas oleh roda bagian belakangnya. Alat ini baik sekali digunakan pada penggilasan bahan yang bergranular, juga baik digunakan pada penggilasan lapisan hot mix sebagai “penggilas antara”.

7. Tandem roller

Tandem roller adalah alat penggilas atau pemadat terdiri atas berporos 2 (two axle) dan berporos 3 (three axle tandem rollers). Penggunaan dari penggilas ini umumnya untuk mendapatkan permukaan yang agak halus, misalnya pada penggilasan aspal beton dan lain-lain. Tandem roller ini memberikan lintasan yang sama pada masing-masing rodanya, beratnya antara 8 – 14 ton, penambahan berat yang diakibatkan oleh pengisian zat cair (ballasting) berkisar antara 25% – 60% dari berat penggilas. Untuk mendapatkan penambahan kepadatan pada pekerjaan penggilasan biasanya digunakan three axle tandem roller.

8. Asphalt finisher

Alat ini berfungsi untuk menghamparkan aspal olahan dari mesin pengolah aspal, serta meratakan lapisannya. Konstruksi Asphalt Finisher cukup besar sehingga membutuhkan trailer untuk mengangkut alat ini ke medan proyek. Asphalt Finisher memiliki roda yang berbentuk kelabang atau disebut dengan crawler track dengan hopper yang tidak beralas. Sedangkan di bawah hopper tersebut terdapat pisau yang juga selebar hopper. Pada saat proses penghamparan, awalnya dimulai dengan memasukkan aspal ke hopper. Kemudian aspal akan langsung turun ke permukaan dan disisir oleh pisau. Untuk mendapatkan tingkat kerataan yang diinginkan akan diatur oleh pisau tersebut.

9. Alat-Alat konvensional

Alat-alat konvensional adalah peralatan sederhana yang digunakan untuk membantu pekerjaan yang dilakukan oleh para tukang. Alat-alat konvensional tersebut seperti sekop tangan, sapu lidi, garuk, traffic cone, kereta dorong dan lainnya.

10. Termometer Iframerah

Termometer inframerah adalah alat untuk mendeteksi temperatur secara optik selama objek diamati, radiasi energi sinar inframerah diukur, dan disajikan sebagai suhu. Alat ini menawarkan metode pengukuran suhu yang cepat dan akurat dengan objek dari kejauhan dan tanpa disentuh – situasi ideal di mana objek bergerak cepat, jauh letaknya, sangat panas, berada di lingkungan yang bahaya, dan/atau adanya kebutuhan menghindari kontaminasi objek (seperti makanan, alat medis, obat-obatan, produk atau test, dll.)

11. Aspal Distributor

Aspal distributor adalah truk yang dilengkapi dengan tangki aspal, pompa, dan batang penyemprot. Pada proyek ini, aspal distributor di datangkan langsung dari kontraktor.

12. Alat Core Drill

Core Drill adalah alat yang digunakan untuk menentukan/mengambil sample perkerasan dilapangan sehingga bisa diketahui tebal perkerasannya serta untuk mengetahui karakteristik campuran perkerasan.

13. Alat Sand cone

Alat Sand cone adalah alat yang digunakan untuk pemeriksaan kepadatan tanah di lapangan dengan menggunakan pasir Ottawa sebagai parameter kepadatan yang mempunyai sifat kering, bersih, keras, tidak memiliki bahan pengikat sehingga dapat mengalir bebas.

14. Alat CBR

Alat CBR (California Bearing Ratio) adalah alat yang digunakan untuk menentukan tebal suatu bagian perkerasan. Alat CBR merupakan suatu perbandingan antara beban percobaan (test load) dengan beban standar (standart load) dan dinyatakan dalam presentase.

Sekian yang dapat saya jelaskan dan masih banyak sebenarnya untuk alat-alat yang digunakan untuk membuat jalan. Bagi Anda yang sedang mencari jasa pembuatan jalan baik jalan raya, area parkir,dsb, untuk Daerah Jakarta dan sekitarnya segera hubungi kami. Kami juga menerima jasa pengaspalan untuk luar Jakarta, seperti Bandung, Karawang, Tangerang, Sukabumi, Bekasi, Bogor, Cianjur, Serang, Sumedang, Cikarang, Semarang, dan Surabaya.

Scroll to Top