6 Manfaat Susu Dengan Kandungan Prebiotik Untuk Anak

6 Manfaat Susu Dengan Kandungan Prebiotik Untuk Anak6 Manfaat Susu Dengan Kandungan Prebiotik Untuk Anak РKesadaran akan hidup yang lebih sehat dan alami sudah cukup tinggi dalam masyarakat.  Hal itu dibuktikan dengan mudahnya bagi orangtua untuk menemukan susu yang mengandung prebiotik. Selain berguna untuk melindungi sistem pencernaan anak, terdapat segudang manfaat lain susu ini yang harus Anda ketahui.

Apa itu susu prebiotik?

Sesuai dengan namanya, susu prebiotik adalah susu dengan kandungan prebiotik di dalamnya. Susu ini biasanya diberikan untuk anak. Prebiotik adalah salah satu jenis serat yang tidak hanya dibutuhkan orang dewasa, tetapi juga anak-anak.

Dalam hal ini, frukto-oligosakarida (FOS), galakto-oligosakarida (GOS), dan trans-galacto-oligosakarida (TOS) adalah jenis prebiotik yang paling umum. Selain dari sumber makanan harian, prebiotik juga ada di dalam susu yang mungkin dikonsumsi anak setiap harinya. Daftarfafaslot88

Susu yang mengandung prebiotik adalah sumber makanan yang ideal bagi pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan. Saat tubuh mendapatkan asupan prebiotik, serat ini akan dicerna oleh bakteri baik yang secara alamiah hidup dalam sistem pencernaan.

Kabar baiknya, ASI mengandung cukup banyak prebiotik dan dibutuhkan oleh bayi setidaknya hingga usianya mencapai 6 bulan (ASI eksklusif).

Apakah susu fomula mengandung prebiotik?

Ternyata, kandungan prebiotik tidak hanya dapat ditemukan dalam ASI, tetapi juga ditambahkan pada susu formula yang dijual di pasaran. Meski demikian, American Academy of Pediatrics (AAP) mengungkapkan jika prebiotik dalam bentuk oligosakarida yang ditambahkan ke susu formula tidak memiliki efek samping yang membahayakan bayi.

Namun, hingga saat ini belum ada cukup bukti untuk mendukung penggunaan rutin prebiotik dalam susu formula. AAP pun mengingatkan para orangtua untuk berhati-hati dalam memberi makan anak-anak mereka dengan produk yang mengandung aditif yang belum teruji, seperti prebiotik dan probiotik.

Kecuali jika prebiotik ditambahkan ke makanan guna meningkatkan produksi strain bakteri yang bermanfaat bagi kesehatan bayi.

Manfaat susu dengan kandungan prebiotik untuk anak

Manfaat prebiotik untuk anak sudah tidak diragukan lagi kebaikannya. Begitu pula bila prebiotik ada di dalam susu yang anak konsumsi sehari-hari. Berikut adalah beberapa manfaat susu prebiotik yang perlu Anda ketahui, di antaranya sebagai berikut.

1. Menunjang pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan

Sistem pencernaan manusia merupakan tempat tinggal bagi berbagai jenis bakteri. Bakteri pada sistem pencernaan terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya bakteri baik yang membantu sistem pencernaan dan bakteri jahat yang menyebabkan penyakit.

Dalam hal ini, manfaat asupan prebiotik untuk anak termasuk agar dapat mempertahankan lebih banyak bakteri baik sehingga pencernaan anak senantiasa sehat.

2. Mencegah pertumbuhan bakteri yang merugikan

Makanan memiliki peran penting dalam menyeimbangkan jumlah bakteri dalam tubuh. Terlalu banyak bakteri jahat bisa menyebabkan masalah pencernaan pada anak seperti diare dan sembelit. Kingpro88

Nah, asupan prebiotik tidak hanya mendukung pertumbuhan bakteri baik, tapi juga mencegah pertumbuhan bakteri yang merugikan. Anda bisa memenuhi asupan prebiotik untuk anak dari makanan, seperti buah dan sayuran, maupun ASI atau susu formula.

3. Membantu penyerapan kalsium

Konsumsi susu yang mengandung prebiotik bisa menjadi solusi untuk membantu mendorong pertumbuhan dan menjaga kekuatan tulang anak Pasalnya, berbagai penelitian yang dirangkum dalam laman International Scientific Association for Probiotics and Prebiotics menemukan bahwa prebiotik dapat mempercepat penyerapan kalsium dalam tubuh. Kalsium sendiri dibutuhkan anak guna membangun tulang sekaligus mendukung tumbuh kembangnya agar optimal.

4. Mengoptimalkan sumber energi

Bakteri baik yang subur karena asupan prebiotik juga membantu tubuh dalam mencerna karbohidrat. Semakin baik tubuh dalam mencerna karbohidrat, semakin besar pula energi yang bisa dihasilkan sebagai sumber tenaga anak. Manfaat ini sangatlah penting terutama bagi anak-anak yang perlu mendapatkan banyak energi karena aktif belajar dan bermain.

5. Mencegah penyakit pada saluran pencernaan

Manfaat lain prebiotik untuk anak dapat menunjang pertumbuhan bakteri yang memproduksi vitamin K dan asam lemak rantai pendek. Asam lemak rantai pendek diperlukan untuk menjaga ketahanan dinding saluran pencernaan dari penyakit akibat infeksi dan peradangan.

Kabar baiknya, anak bisa memperoleh beragam manfaat prebiotik untuk memelihara sistem pencernaan melalui asupan sehari-hari. Asupan susu dengan kandungan ini sudah cukup bagi anak karena mengandung sejumlah nutrisi, seperti protein, asam lemak sehat, vitamin, serta mineral yang dibutuhkan anak dalam masa pertumbuhannya.

6. Menjaga berat badan

Data terbaru dari penelitian manusia dan hewan mendukung efek menguntungkan dari prebiotik dengan homeostasis energi yang lebih baik, pengaturan rasa kenyang, dan penurunan berat badan.

Asupan yang lebih tinggi dari semua jenis serat sebenarnya terkait dengan penurunan berat badan dan perlindungan terhadap obesitas.

Sebuah yang diterbitkan dalam The British Journal of Nutrition menyatakan bahwa makanan termasuk susu prebiotik untuk anak dapat meningkatkan rasa kenyang, mencegah obesitas, dan memacu penurunan berat badan.

Selain itu, efeknya pada kadar hormon terkait dengan pengaturan nafsu makan. Penting untuk diingat bahwa asupan prebiotik harian anak bisa didapat juga dari pemberian susu prebiotik, selain dari sumber makanan. Jika Anda ragu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui penanganan yang tepat.

Scroll to Top