3 Jenis Mesin Potong Rumput, Mana Yang Lebih Baik?

3 Jenis Mesin Potong Rumput, Mana Yang Lebih Baik? РPerkembangan teknologi yang makin canggih banyak membantu menyelesaikan pekerjaan  sehari hari. Bukan hanya mereka yang bersinggungan langsung dengan teknologi seperti IT, tetapi juga perusahaan dibidang lainnya. Sama halnya seperti jenis mesin potong rumput yang terus berkembang hingga saat ini.

Keberadaan mesin potong rumput dengan teknologi terbaru benar benar berguna untuk seluruh kalangan. Baik pebisnis maupun masyarakat biasa, mesin potong rumput modern mempercepat penyelesaian proses pemotongan rumput. Namun anda perlu memilih yang tepat agar penggunanya maksimal dalam memenuhi kebutuhan.

Pastikan Sobat Honda sudah paham apa saja jenis jenisnya supaya tidak salah menggunakannya ketika beraktivitas. Itu sebabnya sobat Honda akan diajak untuk memahami jenis jenis mesin potong rumput yang tersedia sekaligus fungsinya dalam kehidupan sehari hari. Mari pelaharin jenis mesin potong rumputnya sekarang!

Jenis Mesin Potong Rumput

Mesin potong rumput sejatinya sudah ada sejak tahun 1830 yang ditemukan oleh seorang mekanik asal Inggris. Dirinya menyadari bahwa pisau yang berputar pada roda sangat efisien dalam memotong rumput tanpa mengganggu tumbuhan yang sehat.

Berawal dari pisau dan roda, sekarang Anda bisa melihat perkembangannya yang sangat luar biasa. Sampai hari ini setidaknya ada 4 jenis mesin potong rumput yang bisa dipilih sesuai kebutuhan masing-masing pengguna, yaitu mesin rumput gendong, mobil, listrik, dan dorong.

1. Mesin Potong Rumput Gendong (Brush Cutter)

Mesin potong rumput gendong adalah alat yang digunakan untuk memotong rumput dengan cara digendong atau dibawa dengan satu tangan. Jenis satu ini secara khusus didesain untuk memotong rumput tanah yang tidak rata ataupun bergelombang.

Mesin potong rumput gendong dianjurkan untuk digunakan berjalan maju agar pisaunya yang tajam tidak membahayakan diri Anda sendiri. Sudah ada banyak mesin potong rumput gendong yang dijual di pasaran sehingga Anda tidak usah pusing ketika ingin melakukan pembelian.

Umumnya mesin potong rumput gendong dijual dengan berbagai ukuran dan fitur yang berbeda. Kualitas masing-masing mesin bahkan perlu diperhatikan dengan saksama agar Anda tidak tertipu.

Honda Power merupakan salah satu merek dagang yang menawarkan mesin potong rumput gendong berkualitas dengan garansi untuk menjamin kepuasan para pelanggan.

Didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan, Honda Power benar-benar memperhatikan kualitas mesinnya secara keseluruhan sehingga Anda bisa dengan tenang menggunakannya. Temukan mesin potong rumput gendong yang Anda butuhkan di Honda Power sekarang juga!

2. Mesin Potong Rumput Mobil (Riding Mower)

Kedua, ada jenis mesin potong rumput yang memiliki mesin untuk Anda kendarai layaknya mobil. Jadi tidak heran mengapa jenis satu ini disebut mesin potong rumput mobil.

Ukurannya yang cukup besar ditujukan untuk penggunaan lahan luas seperti lapangan sepak bola atau lapangan golf. Keduanya pasti membutuhkan alat untuk memotong rumput dalam waktu cepat dan efisien agar bisnis tetap berjalan.

3. Mesin Potong Rumput Listrik

Mesin potong rumput listrik adalah jenis mesin potong rumput yang menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Mesin ini cocok digunakan untuk memotong rumput yang dekat dengan sumber listrik. Meskipun begitu, penggunaan dan perawatannya lebih praktis daripada mesin potong rumput dengan jenis mesin lainnya.

4. Mesin Potong Rumput Dorong (Lawn Mower)

Terakhir, terdapat jenis potong rumput dorong yang digunakan dengan cara didorong oleh manusia alias penggunanya. Jenis mesin potong rumput ini bisa dibilang sangat efisien untuk digunakan di halaman rumah atau lapangan golf yang memiliki course berukuran kecil.

Tentunya Anda hanya bisa menggunakan jenis mesin ini di permukaan tanah yang rata dan berbentuk persegi. Honda Power juga memiliki mesin potong rumput dorong yang sudah dilengkapi dengan teknologi terbaik untuk membantu Anda memotong rumput pada permukaan tanah yang sangat luas.

Kekuatannya dijamin besar sehingga proses pemotongan rumput dapat selesai lebih cepat. Penasaran? Coba pahami lebih jauh di sini!
Mana Jenis Potong Rumput yang Lebih Baik?

Mesin pemotong rumput yang ada saat ini memiliki keunggulannya masing-masing. Jadi tidak ada jawaban konkret mengenai jenis mesin potong rumput mana yang lebih baik. Anda hanya perlu memilih mesin potong rumput yang sesuai dengan kebutuhan.

Supaya lebih mudah memilih, Anda perlu mempertimbangkan aspek permukaan tanah, luasnya, dan kekuatan mesinnya. Tiga hal tersebut bisa membantu Anda menentukan mesin potong rumput terbaik sehingga penggunaannya dapat dimaksimalkan.

Jika Anda ingin membersihkan rumput agar tidak mengganggu pertumbuhan padi atau tanaman lainnya maka mesin potong rumput gendong bisa dijadikan pilihan. Mesinnya jelas sangat memudahkan Anda dalam membersihkan rumput-rumput ataupun ilalang karena tidak terlalu besar dan bisa diarahkan mengikuti permukaan tanah.

Namun jika permukaan tanahnya datar dan cukup luas maka mesin potong rumput dorong lebih cocok digunakan. Berbeda lagi dengan penggunaan mesin potong rumput mobil yang lebih tepat digunakan untuk memangkas rumput di tanah yang sangat luas hingga berhektare-hektare jauhnya.
Cara Merawat Mesin Potong Rumput

Sebagus apa pun kualitas mesin potong rumput yang Anda beli pasti akan cepat rusak kalau tidak dirawat dengan baik. Ketika perawatannya benar dan dilakukan dengan hati-hati maka Anda bisa memakainya untuk waktu yang sangat lama.

Itu sebabnya Anda perlu mencari tahu bagaimana cara merawat mesin potong rumput yang baik. Jangan cuma asal beli lalu dibiarkan begitu saja. Coba perhatikan cara-cara merawatnya berikut ini.

1. Ketahui Cara Menggunakannya dengan Baik dan Benar

Pertama-tama, ketahui dahulu cara menggunakannya dengan baik dan benar. Penggunaan mesin potong rumput yang benar pada dasarnya akan merawat seluruh komponen di dalamnya. Anda jadi tidak sembarangan menyalakan dan mematikan, begitu juga dengan cara penyimpanannya. Bacalah buku manual yang tersedia ketika Anda pertama kali membeli mesin potong rumput.

2. Rutin Memanaskan Mesin Potong Rumput

Mesin potong rumput sebenarnya sama dengan kendaraan bermotor, yakni harus rutin dipanaskan. Memanaskan mesin potong rumput akan membuat komponen-komponen di dalamnya berfungsi efisien dan tidak macet. Ketika ingin memanaskan, ingatlah untuk menjauhkan busi dari kabelnya supaya mesin potong rumput tidak menyala secara mendadak.

3. Ganti Oli dan Bensin Secara Berkala

Oli dan bensin merupakan dua cairan penting yang harus selalu diperhatikan ketersediaannya. Anda tidak boleh membiarkan bensin habis supaya mesin bisa terus-menerus menyala. Kemudian oli perlu diganti ketika kondisinya sudah tidak baik. Mengganti oli secara berkala sangat efektif dalam menjaga kondisi mesin-mesin di dalamnya tetap prima.

4. Pastikan Tidak Ada Air yang Tercampur dalam Bensin

Bensin sebagai bahan bakar utama dari mesin potong rumput tidak boleh sampai tercampur dengan air. Keduanya bukan bahan yang compatible dan pasti akan merusak mesin potong rumput Anda. Jadi pastikan bahwa bensin yang Anda masukkan ke dalam mesin potong rumput tidak bercampur dengan bahan-bahan lainnya.

5. Bersihkan Setiap Bagian Mesin Setelah Digunakan

Perawatan mesin potong rumput yang baik sebenarnya sesederhana membersihkan setiap kali pemakaian. Bagian bawah dari mesin potong rumput pasti akan kotor dengan sisa potongan rumput dan tanah. Jadi lap semua bagian sampai bersih agar tidak ada masalah karat, jamur, atau kerusakan lainnya.
6. Selalu Periksa Bagian Saringan Udara

Saringan udara memiliki fungsi yang sangat krusial dalam sistem kerja mesin potong rumput. Keberadaannya berguna untuk memastikan tidak ada debu dan kotoran lain yang masuk ke dalam mesin.

Namun saringan udara ini sering kotor akibat debu yang menumpuk sehingga Anda harus membersihkannya secara berkala. Apabila keadaan saringan udara sudah tidak baik maka Anda perlu menggantinya dengan segera demi efisiensi kinerja mesin potong rumput.

Bagaimana pendapat anda guys? Mantap juga mesin canggih pemotong rumputnya ya guys.. Beri komentar anda guys biar mendapatkan cerita cerita baru dari saya..

Scroll to Top